Apa Itu Hutan?


Sekilas sebuah informasi singkat untuk anda yang mencarinya. Apa itu hutan? Hutan adalah sebuah rentetan pepohonan yang luas. Hutan biasanya ditumbuhi oleh tanam-tanaman liar yang sangat berharga bagi kepentingan manusia. Hutan sangat bermanfaat bagi manusia terutama untuk kepentingan pangan dan papan.
Kayu dari pohon dihutan dapat dimanfaatkan untuk membuat mebel seperti meja, lemari, kursi dan sebagainya. Selain itu, kayunya juga dapat digunakan sebagai pondasi rumah atau mungkin atap rumah.


Selain ditumbuhi oleh tanam-tanaman atau tumbuhan, hutan juga dihiasi dengan berbagai macam hewan. Hewan yang dimaksud bisa seperti hewan karnivora (pemakan daging), hewan herbivora (pemakan tumbuhan), serta hewan omnivora (pemakan tumbuhan dan daging).

Negara yang memiliki jumlah hutan yang paling luas adalah Brazil dan yang kedua adalah Indonesia. Kalian seharusnya turut bangga terhadap negeri pertiwi karena memiliki hutan hujan tropis yang luas. Hutan ini berfungsi sebagai paru-paru dunia dan juga pembuatan pelapisan ozon. Sayangnya, hutan di Indonesia sudah banyak yang ditebangi secara liar dengan alasan komersial. Oleh karena itu, untuk memperbanyak luas hutan di Indonesia, kita cuma memiliki 1 cara, yaitu dengan menanam pohon. Jika kalian ingin menanam pohon secara besar-besaran, kalian juga boleh, tidak ada yang melarang hal itu. Kalau ingin menanam satu pohon juga boleh. Tidak akan dilarang oleh pemerintah, yang dilarang adalah Penebangan secara liar.

Oh iya, ada tambahan lagi dari kami! Hutan terluas di Indonesia itu terdapat di Sumatera, Kalimantan, Papua, Maluku, dan sebagian di pulau Jawa.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua!

Komentar