Cara Melihat Kecepatan Internet PC via CMD (Windows 7 dan 8)

Hasil gambar untuk command prompt
(Default tampilan dasar CMD)

Command Prompt atau biasa umum disebut sebagai CMD merupakan suatu program komputer yang telah disediakan oleh provider komputer/laptop Anda tersendiri. Command prompt merupakan salah satu program besutan Microsoft untuk mempermudah pekerjaan administrator/pemilik pada suatu komputer/laptop itu tersendiri. Perlu Anda ketahui bahwa tidak sembarang orang mengerti untuk memakai command prompt ini karena memiliki kata-kata yang menugaskan sistem operasi dari program itu tersendiri.



1. Buka Windows dan Ketik CMD atau Command Prompt


Perlu diingat bahwa command prompt atau cmd bukanlah suatu sistem program komputer/laptop biasa pada perangkat windows. Karena cmd ini selain digunakan untuk kepentingan admin bisa digunakan sarana media dalam hal melakukan suatu tindak kejahatan seperti hack Facebook dan melakukan DDoS Attack terhadap suatu sistem jaringan internet suatu website serta bisas digunakan untuk mentransfer virus ke komputer yang lain. Jadi saya harap cmd ini jangan disalah-gunakan.


2. Tampilan CMD 


Berikut merupakan salah satu contoh tampilan dasar dari command prompt asli dari Windows. Jadi jika ada tampilan lain kemungkinan ada kesalahan dalam komputer/laptop Anda dan bisa jadi Windows Anda telah di-upgrade.


3. Ketik "ping 8.8.8.8 -t", Lalu Tekan Enter



Jika Anda telah masuk kedalam sistem program cmd, maka untuk mengetahui kecepatan koneksi internet Anda harus mengetik ping 8.8.8.8 -t. Setelah itu Anda harus menekan enter untuk hasil yang lebih lengkapnya.


4. Hasil


Beginilah hasil dari kecepatan koneksi internet yang saya miliki dan termasuk dalam kategori lambat, hahaha. Pada kotak yang saya tandai itu merupakan kecepatan koneksi internet Anda. Jadi jika kecepatan koneksi Anda time=400ms maka itu termasuk koneksi yang lambat tapi jika lebih kecil dari 400ms maka itu lebih cepat. Jadi kesimpulannya adalah semakin kecil angka tersebut berindikasi bahwa kecepatan koneksi internet Anda semakin cepat. Dan satu lagi bahwa jika ada tulisan request timed out, maka koneksi Anda itu terputus dari server.





Komentar