Hibernasi Beruang Kutub

Hibernasi Beruang Kutub


Beberapa dari kalian mungkin pernah bertanya mengenai hibernasi. Merupakan sebuah kegiatan pada hewan tertentu yang melakukan tidur panjang dengan tujuan meminimalkan rekasi metabolisme tubuh. Menurut Wikipedia, hibernasi adalah ketidak-aktifan dan penurunan metabolime pada hewan yang ditandai dengan adanya suhu tubuh yang lebih rendah, pernapasan, yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme menjadi lebih rendah. Selain itu tujuan dari hibernasi adalah berusaha untuk menghemat energi. Biasanya, hibernasi itu dilakukan selama musim dingin. Kenapa di musim dingin? Karena pada musim dingin itulah sedikit sekali makanan yang tersedia bagi seekor beruang kutub.


Nah, kali ini saya akan membicarakan tentang hibernasi yang dilakukan oleh beruang kutub (Ursus Maritimus). Beruang kutub yang akan melakukan hibernasi akan mengalami gejolak peningkatan berat badan, karena sebelum hibernasi mereka akan membutuhkan banyak cadangan lemak selama melakukan hibernasi. Jika kalian menemukan sebuah beruang kutub yang sedang melakukan hibernasi, maka akan susah dibangunin, mungkin mirip kayak kalian dibangunin untuk makan sahur saat bulan puasa.

[Mungkin] saja ketika seekor beruang kutub baru bangun dari hibernasi, mereka akan susah untuk melihat atau mengalami buta sementara karena begitu lelapnya tertidur selama melewati cuaca dingin, seperti apa yang terjadi pada Han (Star Wars) yang dibekuin oleh raja Jabba menggunakan karbon. Tetapi ini hanya praduga saya saja. Hibernasi beruang kutub itu memang sangat sulit sekali untuk dijelaskan tetapi ada dokumentasi dari National Geographic Wild mengenai Bearhood, yang menjelaskan perjalanan beruang berusaha untuk bertahan hidup di Samudera Artik.

Menjelang musim dingin tiba, seekor beruang kutub akan menghabiskan energi nya untuk mencari makan sebanyak mungkin untuk mengisi cadangan lemak yang ia butuhkan untuk melakukan hibernasi. Dan dalam hibernasi itu mereka akan mengalami tidur panjang sampai musim selanjutnya seperti yang saya katakan sebelumnya. Suhu tubuh seekor beruang tersebut akan mengalami penurunan karena aktivitas dan metabolisme yang berkurang. Beruang akan mencari makan di dekat daerah habitatnya sampai sejauh 100 kilometer seperti yang ada di National Geographic Wild.

Salah satu makanan kesukaan beruang untuk mengisi cadangan lemak menjelang musim dingin tiba adalah anjing laut. Anjing laut ini biasanya pergi ke lautan Artik pada bulan Februari sampai April, dan ini merupakan sumber keuntungan bagi seekor beruang kutub. Diketahui bahwa 75% dapat memenuhi stabilitas dan cadangan lemak bagi seekor beruang kutub dengan memakan seekor anjing laut.

Selain anjing laut, beruang kutub juga bisa memakan bangkai paus yang terdampar, tetapi ini akan menjadi hal sulit karena beberapa beruang kutub juga akan ‘tergoda’ untuk datang memakan bangkai ikan paus tersebut, jadi rebutan deh hahaha.

Disaat-saat yang genting seperti kelaparan yang luar biasa menjelang musim dingin, beruang kutub bisa saja memakan seekor rusa kutub, telur burung (atau mungkin burungnya juga), rumput, dan lain semacamnya, tetapi itu saja tidak cukup untuk memenuhi cadangan lemaknya dalam menghadapi musim dingin yang panjang.

KESIMPULAN

Ya jadi kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa hibernasi yang dilakukan beruang kutub adalah semata-mata untuk bertahan hidup & melindungi diri dari cuaca dingin yang ekstrem di wilayah Artik maupun Antartika. Hibernasi merupakan kegiatan meminimalkan segala aktifitas dengan cara tertidur. Detak jantung berkurang per menit, metabolisme/reaksi kimia tubuh berkurang, pernapasan menjadi lebih lambat, dan lain semacamnya. Mereka membutuhkan cadangan lemak yang banyak sebelum melakukan hibernasi. Dan mereka akan menggunakan energi yang tersisa untuk mencari makanan yang mengandung banyak lemak menjelang hibernasi.

BONUS :

Beruang kutub akan selalu bergantung kepada cuaca dingin dan rantai makanan yang berjalan baik untuk bisa bertahan hidup. Jika seekor beruang kutub berlari di landscape yang berumput, maka ia akan kehabisan tenaga lalu mati (padahal masih sama dinginnya).



*Beberapa dikutip dari Amazine dan juga Wikipedia Bahasa Indonesia.

Komentar