[STORY] Belajar Dari Kesalahan


Ya begitulah, sesuai dengan judulnya, hari ini spesial tanggal 7 Februari 2016, gua bakalan sharing kepada kalian semua tentang pengalaman hidup gua, mulai dari penurunan kualitas hingga akhirnya gua bisa bangkit kembali.



Judul postingan gua kali ini adalah mengenai semua hal yang gua alami di sekolah, masyarakat, maupun di kehidupan keluarga internal gua sebagai pelajar. Gua mau membagikan semua ini kepada kalian, dan bisa jadikan sebagai contoh pelajaran juga.

Gua suka banget cari yang namanya inspirasi. Entah dari umur berapa, gua gampang banget suka sama sesuatu. Mungkin ini kebiasaan gua dari kecil. Semacam gampang tertarik sama sesuatu gitu loh gan. Jadi pas gua masih kecil, gua itu kalau ngeliat tukang mainan jadi pengen beli, ada mamang-mamang es krim jadi pengen beli, ngeliat snack ciki Zeky juga mau beli (biar dapet duitnya). Nah, kebiasaan mencari inspirasi itu sampe sekarang terus tumbuh, dan berkembang pesat di dalam jati diri gua.

Anak-anak remaja pasti taulah gimana rasanya suka sama seseorang. Dan itu yang gua rasakan. Gua jadi gampang terpengaruh dari produk-produk yang menggiurkan. Waktu kecil gua pernah main game, itu pun masih gameboy. Tetapi pas gua liat ada PS2, gua nangis-nangisan minta ke ortu gua untuk beliin tuh barang. Sampe sekarang yang namanya PS2 itu belum pernah gua punya sendiri, yang ada mah cuma PS1. Tapi gapapa, gua ga nyesel, karena game yang ada di PS1 itu seru banget. Kurleb gua SD kelas 1 s/d 2 masih ada tuh PS1

Ibu gua sering banget ngomel-ngomel karena gua sering main PS sewaktu gua kecil. Semenjak ada PS1 itu, gua jadi malas belajar, malas mandi, malas kerjain PR, dan akhirnya nilai-nilai pelajaran gua yang ada di sekolah jelek. Hampir semuanya jelek, tetapi Budi Pekerti gua tetep bagus coy.

Gua gak tau dan masih belum bisa mengerti apa yang terjadi pada diri gua dimasa itu. Dan dijaman itu pula gua masih belum bisa mengerti kesalahan yang gua buat dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Seakan-akan gua itu memiliki hawa nafsu yang kuat untuk bermain game. Waktu TK, gua ada temen, namanya kurang lebih Reza. Doi bolossssss mulu kalau sekolah. Jadi semacam dia itu males-malesan, dan munculah rumor diantara anak-anak dikelas Taman Kanak-Kanak B3 bahwa si Reza itu sering main PS.

Dan ketika gua kelas 5 SD, gua sering jajan yang gak sehat. Semua makanan yang gua anggap enak langsung gua makan tanpa memperhatikan yang namanya halal, kandungan gizi, dan komposisi pembuatan makanan itu sendiri. Gua dulu sering makan mie ayam di gelas plastik (ya lu pasti tau lah), gua makannya pake saos banyak serta sambal yang menggelegar. Karena gua suka pedes, jadi itu semua gak kerasa, padahal itu semua bisa berakibat buruk pada pencernaan lambung dan usus.

Saking gua lagi jatuh cinta sama Mie Ayam Bang Supri di sekolah SD gua, maka hampir setiap kali gua beli tuh mie ayam. Gak cuma itu juga, mie ayam juga bisa menyebabkan iritasi pada dinding lambung apalagi ditambah saos dan sambal pedas yang banyak. Dan inilah yang gua pelajari, bahwa makan itu gak boleh asal enak. Tetapi makan itu yang bergizi walau gak enak, berkhasiat untuk tubuh.

Oh iya, kalau lu mau coba gaya hidup yang sehat. Usahain lu jangan dekat-dekat dengan seorang perokok aktif, karena itu akan mengganggu sistem pernapasan tubuh. Makan yang teratur, jangan lupa untuk gosok gigi setelah makan, dan pilih makanan yang bergizi rendah kalori dan lemak.

Gosok gigi setelah makan itu penting, apalagi ketika lu habis makan yang manis-manis, itu harus banget lu gosok gigi. Waktu gua kecil, gigi gua tuh banyak yang bolong, patah, rusak, dan semacamnya. Itu semua karena dulu gua sering makan permen tapi gak pernah gosok gigi. Dan akhirnya gigi gua yang sekarang ini jelek gan. Tapi gapapa, gua tetep ganteng maksimal kok sampe sekarang.

Gua belajar dari kesalahan gua. Kadang kalo ngaca di depan cermin gua merasa rendah diri gimana gitu gan, serasa pesimis. Kenapa? Karena penampilan gigi gua itu buruk. Karena kesalahan gua yang waktu kecil bandel banget makan permen mulu dan males gosok gigi, maka gigi gua berantakan gan. Dan bagaimana cara gua untuk memperbaiki kesalahan gua tersebut? Caranya gua setiap mandi selalu gosok gigi. Tetapi gua merasa kurang, kenapa? Karena gigi gua gatau kenapa jadi sedikit kuning. Kesalahan gua ini yang membuat gua merasa semangat untuk memperbaikinya, dan sampe sekarang kebiasaan gosok gigi itu terus tumbuh dan kesadaran gua terus berkembang.

Pengalaman gua panjang, gak cuma itu-itu aja. Banyak pelajaran yang bisa gua ambil dari beberapa segi kehidupan, terutama kesehatan, gaya hidup, dan kerja keras untuk meraih impian yang gua mau. Sekarang gua jadi lebih disiplin dalam memperhatikan duduk tegak dan berdiri tegak. Ini penting banget buat kesehatan tulang punggung. Kebanyakan orang di Indonesia itu suka duduk bungkuk, dan gua bingung kenapa mereka suka melakukan hal itu. Kalian bisa lihat apa yang terjadi pada teman-teman kalian. Pasti gua yakin 99% dari temen lu itu suka duduk dengan posisi bungkuk.

Belajar itu gak usah ribet. Belajar juga gak cuma dari 11 mata pelajaran yang disekolah. Belajar juga bisa dari pengalaman diri sendiri/oranglain, dan kesalahan diri sendiri/oranglain. Seperti halnya ya duduk bungkuk ini. Mereka semua jadi terbiasa dalam hal duduk bungkuk. Padahal itu bisa merusak kalsium yang ada di tulang punggung. Gua mulai membiasakan untuk duduk tegak dan berdiri tegak itu kurang lebih waktu kelas 7 SMP. Kesadaran gua mulai tumbuh tentang pentingnya duduk tegak. Di kelas pun kalau gua duduk selalu diusahain tegak.

Ada lagi cerita gua waktu kelas 2 SD. Gua kenal warnet itu sejak kelas 2 SD gan. Dan gua saat itu main game legend, yaitu Counter Strike 1.6 dan juga Left 4 Dead 2. Jamannya segitu, beh game masih ngetop gan. Kelas 2 SD gua udah rajin main warnet walaupun cuma 1 jam setiap hari. Dan itu terus gua lakuin. Itulah masa-masa indah yang membuat gua serasa menjadi maniak game. Kebiasaan gua main warnet itu terhitung dari kelas 2 SD sampai kelas 6 SD (awal tahun 2014). Mulai dari CS, Left 4 Dead 2, Point Blank, Lost Saga, Dragon Nest, Need For Speed, League of Legends, Kart Rider dan semacamnya udah gua mainin gan. Gua jadi suka banget main game. Tapi gua bingung. Setiap kali gua main game itu gak ada rasa kehilangan kepintaran gua gitu. Gua sering main game, tapi nilai gua masih terbilang bagus dan melebihi KKM.

Tetapi semenjak gua sering main warnet, duit gua abis gan. Dan gua juga sering ngisep asap rokok kalau main warnet, karena warnet nya bukan VIP. Waktu kelas 5 SD gua main warnet 4 jam terus buat main PB. Uang gua hampir setiap hari habis hanya untuk main warnet. Selain itu juga gua jadi lebih gampang sesak napas karena sering menghirup asap rokok di warnet. Gua main bola sebentar aja jadi gampang sesek. Gua mulai sadar kalau gua salah main warnet terus, karena selain banyak perokok aktif disana, uang gua juga habis dan terbilang boros.

Dan pada akhirnya di kelas 7 SMP gua merasa lebih happy dan tenang. Gua jadi lebih gampang terinspirasi, gua lebih rajin buat cari informasi di internet. Itu semua manfaatnya bagus banget buat kehidupan gua. Semenjak gua bisa bikin artikel dan mendirikan blog ini di tanggal 1 Desember 2014, gua jadi merasa lebih percaya diri untuk ngomong didepan publik. Gak cuma itu aja, gua juga bisa disiplin dalam menulis. Nilai bahasa Indoensia gua walaupun jelek (waktu kelas 7 SMP), tetap saja gua dapat beberapa ilmu walaupun sedikit.

Nah, pas di kelas 7 dan 8 SMP inilah nilai Matematika gua jelek banget banget banget. Kelas 7 SMP gua masih belum kepikiran untuk fokus ngerjain PR, tugas, dan belajar untuk ulangan. Tetapi pas di kelas 8 SMP gua lebih parah lagi.

Ada seorang Youtuber yang inspiratif banget menurut gua. Dia adalah Laurentius Caesarrando. Seorang Youtuber dan kepala sekolah dari Jakarta Beatbox. Awalnya gua lebih suka Reza Arap Oktovian daripada dia, tapi lama-lama gua berpaling ke dia. Lah kok berpaling? Kenapa? Jawabannya simpel banget gan. Karena gua itu suka dapet pengalaman dari oranglain, dan gua suka belajar untuk meraih impian gua.

Vlog atau video blog yang dia buat itu sangat inspiratif banget dan membuat gua merasa jadi mawas diri dan lebih sering koreksi kesalahan. Jadi, hampir disetiap vlog nya itu mengingatkan kita untuk tetap semangat jalani hidup, belajar yang rajin, dan kerjain tugas yang bener. Dia orangnya pengambil resiko. Resiko apapun yang berat kalau tujuannya baik pasti akan dia kerjain. Gua mau kayak dia. Hidupnya penuh semangat, ceria, dan kebahagiaan.

Jujur, beliau itu orangnya inspiratif banget banget banget! Di video Draw My Life nya dia, semuanya diungkapin mulai dari kecil sampe dia sukses sampe sekarang. Kurlebih kalo digambarin seperti ceria-murung-ceria-sukses. Nah itu dia karakter dari si Rando. Dulu dia anak kesayangan, tapi semenjak SMP-SMA dia jadi orang yang introvert, pendiem, dan juga suka berantem. Dan akhirnya ia bisa menemukan bakatnya, yaitu Beatbox. Sampe akhirnya ia sukses jadi Youtuber dan CEO dari Jakarta Beatbox.

(Subscribe channelnya si Rando di www.youtube.com/LRando).

Gua jadi serasa ceria setiap tonton vlog nya dia. Dan gua juga merasa nyaman dengan apa yang dia omongin ke viewer. Sosok hebat yang mampu bangkit dari keterpurukan menuju kesuksesan. Makasih buat bang Rando untuk inspirasi nya ke gua. Itu berharga banget.

Dan lo tau gak, gua jadi lebih koreksi diri kalo gua salah. Gua jadi lebih suka denger pendapat orang, pengalaman orang, kritikan orang, dan gua berusaha untuk memperbaiki kegagalan dan kesalahan gua tersebut. Dan lo tau gak, berkat gua jadi lebih mawas diri, nilai Matematika gua itu mengalami kemajuan drastis. Kalau gua gak ngerti bakalan tanya ke guru, kalau gua salah bakalan gua tanya dimana salahnya. Gua rasa gua bebas sekarang.

Jadi keseluruhan dari postingan ini mengajarkan kepada kalian tentang pentingnya untuk belajar dari kesalahan. Kalau kalian cuma bisa diem di tempat, kapan mau maju nya? Bahkan lo semua cuma bisa diem di tempat start disaat orang lain udah pergi ke garis finish. Jadi intinya adalah lo harus lakuin apa yang lo mau, usahain itu semua agar tercapai, fokus kepada apa yang lo mau, pelajari dan perbaikilah kesalahan yang telah lo buat, dan jangan lupa beribadah agar tambah sukses.

Kalau ada yang gak ngerti tentang suatu hal, kalian harus berani untuk bertanya. Kalau ada orang yang menggunjing dan mengumbar kesalahan kalian, maka diemin. Orang yang bacotin lu terus, itu adalah orang yang peduli karena selalu cari-cari kesalahan dari setiap updatean lu. Haters lah yang membuat kita semua menjadi semangat dan lebih terkenal. Lo harus punya prinsip I do what i wanted to do. Jadi lo gak perlu ribet ladenin bacotan orang tentang sisi negatif dari diri lo. Semua orang itu hebat.

Kesimpulan :


  1. Jangan suka main PS sampe lupa waktu.
  2. Makan gak boleh sembarangan, pilih yang bergizi dan bermutu tinggi.
  3. Selalu gosok gigi setelah makan.
  4. Ubah kebiasaan buruk untuk duduk bungkuk.
  5. Kalau main warnet jangan tiap hari, nanti boros.
  6. Jauhi asap rokok. Jauhilah rokoknya, bukan orangnya.
  7. JANGAN PERNAH PEDULIIN OMONGAN NEGATIF DARI ORANG LAIN.
  8. LAKUKAN APA YANG LO MAU ASAL POSITIF.
  9. Gausah ngurusin kehidupan orang dan fokus terhadap satu hal, dan yang terakhir
  10. Keep A Smile On Your Face, teruslah berkarya.

Komentar