Rabu, 15 Juni 2016

Beberapa Tips Berlibur 2016

Gak kerasa libur panjang sudah dekat sekali dan berada dalam puncaknya di akhir bulan nanti, yaitu Idul Fitri 1437 Hijriyah. Sudah sepatutnya berlibur ini dijadikan sebagai bahan untuk memperkuat iman dan takwa kepada Allah SWT. Namun bagi kalian yang ingin mudik pulang kampung, saya punya beberapa tips dalam berlibur.


1. Pastikan semua barang tidak terlupakan

Barang manakah saja yang akan diangkut? Memang, ada beberapa barang yang wajib dibawa dalam berpergian, dan kalian tidak boleh tinggalkan benda tersebut; semisal adalah sikat & pasta gigi, tas kecil & kantong plastik, obat-obatan dan first aid kit, pakaian ganti, serta juga dengan botol minum.

2. Bekal makanan rumah

Bekal makanan dari rumah diperlukan untuk menjaga stamina tubuh. Jika kalian berpergian ke daerah yang jauh, maka bekal dari rumah harus berupa karbohidrat. Atau jika kalian juga tidak ingin ribet-ribet membawa nasi, kalian harus membutuhkan makanan karbohidrat pengganti, semisalnya adalah ubi, singkong goreng/rebus, ataupun kentang.

Selain itu juga ada roti yang dapat membantu kalian untuk menghangatkan tubuh. Di dalam perjalanan, roti bungkus juga bisa menjadi pelipur rasa lapar. Utamakan roti manis namun tidak terlalu banyak mengandung gula.

3. Menggunakan bus? Pilih kursi yang aman (tengah dan depan)

Nah, kendaraan bus adalah salah satu transportasi publik yang sedang marak digunakan dalam mudik lebaran 2016 ini. Hal ini berkaitan karena mencuatnya popularitas bus-bus antar Jawa yang sedang tren, seperti PO Haryanto, Lorena, Budiman, dan lain sebagainya. Mereka adalah beberapa contoh penyedia bus yang terpercaya.

Tetapi dalam menggunakan bus juga harus waspada lho guys, apalagi yang dari daerah Jawa bagian barat ke Jawa Tengah. Untuk menghindari maling, saya sarankan kalian untuk duduk di bagian depan/tengah. Itu karena terbawa suasana yang aman. Di bagian kursi tengah/depan memang terbilang aman karena jarang sekali pencuri yang mau beraksi di bagian tengah/depan.

Selain itu juga pencuri lebih cenderung suka beraksi di bagian belakang dan sasarannya adalah wanita serta remaja.

4. Waspadai kondisi luar & dalam bus

Seluruh arah harus diwaspadai untuk meminimalisir adanya gangguan dalam menaiki bus. Biasanya ada beberapa tempat duduk (diatasnya terdapat AC yang bocor). Tidak hanya AC saja, namun juga tempat duduk tersebut biasanya juga ada yang sudah rusak dan tidak nyaman untuk dipakai.

Tak hanya sampai situ saja, kalian harus melihat kondisi luar bus sehingga bisa merasa aman dan nyaman dalam menggunakannya. Agar tidak terjadi kecelakaan kalian harus memilih bus dengan penampilan yang bersih cemerlang. Ada tuh biasanya bus yang tidak layak beroperasi karena kepanasan mesin, kaca depan retak, dan penampilan yang tidak mengenakan dari luar, itu bisa mengganggu kenyamanan.

5. Riset lagi tentang pembelian tiket

Ini berlaku bagi semua moda transportasi baik udara, laut, maupun darat. Kalian patut untuk mengecek ulang tentang harga tiket yang akan dibeli. Biasanya ada aja nih oknum yang melebih-lebihkan tiket bagi para backpacker awam.

Contohnya saja di moda transportasi bus. Sering banget nih kenek yang mintain harga ke penumpang A dengan harga mahal, dan tiba tiba penumpang B memberikan uang yang lebih murah dari kita.

Kalian tidak boleh diam saja kalau seperti itu, ini namanya penipuan. Apalagi menjelang lebaran ini, banyak sekali calo-calo tiket kereta api & bus yang menjual tiket dengan harga yang jauh tinggi sekali.

6. Pilih hotel yang terkenal aman oleh masyarakat sekitar

Berkunjung ke Lombok, Bangka Belitung, ataupun pulau destinasi manapun harus & pasti mempunyai hotel. Pemilihan/booking hotel harus responsif dan selektif, terutama dalam soal harga. Harga memang berbicara banyak dan ada kaitannya juga dengan keamanan. Biasanya hotel dengan harga tinggi memiliki keamanan dan kenyamanan yang baik bagi pelanggan.

Penginapan manapun harus memiliki kualitas yang baik. Sekarang adalah jamannya internet. Aplikasi semacam Traveloka bisa kita gunakan untuk check-in hotel. Cukup dengan pilih, transaksi, lalu perlihatkan kepada customer service, mudah bukan?

Kalian harus tanya-tanya kepada masyarakat sekitar tentang tempat penginapan yang aman. Masyarakat sekitar juga pasti taulah tentang hotel yang aman. Biasanya, hotel yang bagus memiliki sertifikat, berbintang, dan tidak mempunyai catatan sejarah yang buruk.

7. Jangan mau dibodohi dalam masalah harga

Memang, harga sebuah Es Bubble di kota Jakarta sangat berbeda dengan di Lombok. Semisal di Jakarta 5000, pasti di Lombok bisa lebih mahal lagi; apalagi Lombok adalah kota destinasi wisata laut yang luas.

Bule yang datang kemari juga sekarang pinter-pinter gan. Mereka menggunakan money changer sebagai alat tukar. Dan parahnya lagi banyak tuh orang Indonesia yang bodohin turis asing dengan meminta dollar. Masa air mineral botol saja dibanderol harga $1, kan gak masuk akal.

Jangan cuma karena kita pendatang kita bisa dibegoin. Sekiranya kalian punya pemikiran yang logis dan membedakan harga di daerah Jakarta dengan daerah yang lain, hal ini bisa mengakomodir pembodohan harga yang dilakukan oleh warga sekitar.
Posting Komentar