Pengertian dan Manfaat Mind Mapping


Berdasarkan Wikipedia, pemetaan pikiran atau Mind Mapping adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultanMetode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris. Biasanya, penggunaan Mind Map difungsikan untuk pengembangan diri, pembelajaraan, serta riset/penelitian.

Modern ini, Mind Map sudah dikenal oleh masyarakat luas di negara Amerika Serikat dan Eropa. Namun, metode Mind Map ini masih kurang dipahami oleh masyarakat Indonesia. Tetapi metode ini terus berkembang dan dikenal oleh orang-orang Indonesia serta mengalami puncaknya di tahun 2016 ini. Bahkan saya lihat di brosur penawaran Ganesha Operation, siswa juga belajar menggunakan metode Mind Map ini bre!

Fungsi dan manfaat

Secara umum, manfaat & fungsi Mind Map bagi otak manusia adalah untuk mempermudah ingatan otak. Hal ini mengakibatkan otak dapat mengingat kembali beberapa hal yang ditulis melalui Mind Map tadi.

Nah, pembuatan Mind Map sangat bervariasi. Dengan sederhana, Mind Map dapat dibuat dengan mudah di secarik kertas dan mulai menulis beberapa kata kunci, sehingga otak dengan mudah bisa menetralisir penggunaan kata yang tidak penting. Namun dalam sisi profesional, pembuatan Mind Map justru lebih menarik lho guys, karena sangat indah dan berwarna. Contohnya adalah beberapa gambar di bawah ini.



Kalau saya lihat beberapa video di Youtube (mengenai Mind Map), akan lebih efektif jika ditambahkan gambar serta warna-warna yang berbeda pula. Ini ditujukan untuk lebih mempermudah daya ingatan otak manusia. Secara umum, memang, manusia menyukai sesuatu hal yang berwarna, begitu juga dengan pembuatan peta pikiran ini.

Software dan Website
  1. www.tonybuzan.com
  2. www.mindmeister.com
  3. www.mindmup.com
  4. www.mindmapping.com
  5. www.imindmap.com
  6. www.bubbl.us
  7. www.mindtools.com









Komentar