Rabu, 31 Desember 2014

Perubahan Musim dan Muson di Indonesia.


Kali ini saya akan berbagi informasi dan pengetahuan kepada kalian, khususnya kepada kalian para pelajar. Kami akan memberitahu kepada anda tentang Perubahan Musim di Indonesia. Sebaiknya kita simak & baca dulu lebih lengkapnya yuk!


Perubahan Musim di Indonesia


Musim di Indonesia terjadi sebagai akibat letak geografis Indonesia berada diantara 2 benua besar. Benua Asia berada dibumi belahan utara, sedangkan Benua Australia berada dibumi belahan selatan yang mengakibatkan tekanan udara yang berada dibumi Asia dan dibumi Australia. Dengan perbedaan tekanan udara tersebut, maka terjadilah angin muson. Angin muson adalah angin yang setiap setengah tahun (6 bulan) berganti arah. Pergantian angin muson ini mengikuti terjadinya pergantian musim di Indonesia, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Perlu anda ketahui, musim penghujan terjadi sekitar bulan November-April, sedangkan musim kemarau terjadi sekitar bulan Mei-Oktober.

1). Angin Muson di Indonesia

Angin muson juga disebut sebagai angin musim yang merupakan angin yang berhembus setiap 1/2 tahun lalu berganti arah. Angin muson menyebabkan terjadinya pergantian musim di Indonesia, antara musim penghujan dan musim kemarau.

   a). Angin Muson Timur

Angin muson timur bertiup pada bulan Mei-Oktober. Seperti yang telah saya katakan diatas, bahwa bulan Mei sampai bulan Oktober terjadi musim kemarau di Indonesia. Benua Australia mengalami tekanan udara tinggi, sedangkan di Benua Asia mengalami tekanan udara rendah, sehingga angin berhembus dari Benua Australia ke Benua Asia. Pada saat itu Indonesia mengalami musim kemarau. Itu adalah asal-usul yang menyebabkan atau asal-usul terjadinya musim kemarau melalui Angin Muson.


   b). Angin Muson Barat

Angin muson barat bertiup pada bulan November-April. Seperti yang telah saya katakan diatas, bahwa bulan November-April akan terjadi musim penghujan. Dimusim ini, hampir setiap hari bisa terjadi hujan. Tetapi jika terjadi Pancaroba, maka bisa saja beberapa minggu akan terjadi kekeringan. Angin muson barat bertiup dari Samudera Pasifik menuju ke Indonesia. Benua Asia mengalami tekanan udara tinggi sedangkan Benua Australia mengalami tekanan udara rendah, sehingga angin berhembus dari Benua Asia ke Benua Australia.


Untuk lebih lanjut, simak & baca saja terlebih dahulu teks dibawah ini.

Musim di Indonesia

Musim di Indonesia terbagi menjadi 2, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Ada juga musim yang berpihak sebagai pertengahan untuk menuju diantara salah satu dari kedua musim tersebut. Penasaran? Ayo baca artikel ini sampai habis:)

   a). Musim Penghujan

Musim penghujan di Indonesia terjadi karena angin muson timur laut (muson barat) yang berhembus dari daratan Asia menuju daratan Australia. Angin muson barat ini melalui luasnya Samudera Pasifik yang membawa uap air yang banyak. Di wilayah Indonesia, sebagaian besar mengalami musim penghujan terjadi pada bulan November-April. Curah hujan yang terbanyak terjadi pada bulan Desember, Januari, dan Februari, karena matahari berada disekitar garis balik lintang selatan. Karena begitu banyaknya uap air yang dibawa, angin ini bisa menyebabkan banjir atau mungkin badai yang dikarenakan banyaknya awan pengandung air yang melewati Indonesia.

   b). Musim Kemarau

Musim kemarau di Indonesia terjadi karena angin muson timur yang berhembus dari daratan Australia menuju daratan Asia. Angin muson timur ini melalui luasnya gurun-gurun gersang yang berada di daratan Australia. Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim kemarau sekitar bulan Mei-Oktober. Bulan terpanas di Indonesia terjadi pada bulan Juni, Juli, dan Agustus, karena matahari berada disekitar garis balik lintang utara.

   c). Musim Pancaroba atau Peralihan

Musim pancaroba adalah musim peralihan dari musm penghujan ke musim kemarau, yaitu terjadi pada bulan Maret-April yang disebut dengan "musim maeng". Sedangkan perubahan dari musim kemarau ke musim penghujan, yaitu bulan September-Oktober yang disebut dengan "musim labuh". Pada musim ini, ditandai dengan tekanan angin yang tak menentu, terkadang lemah, kuat dan banyak petir atau guntur.



Dari ulasan artikel diatas, anda dapat mengetahui semua yang terkandung didalamnya. Mulai dari :
  • Definisi Angin Muson
  • Bagaimana Bisa Terjadi Angin Muson
  • Kapan Terjadi Angin Muson
  • Dimana Saja Terjadinya Angin Muson
  • Kapan Terjadinya Musim Penghujan, Kemarau & Pancaroba
  • Jenis-jenis musim di Indonesia, dan lain sebagainya
Saya mengucapkan terimakasih kepada anda karena telah berpartisipasi dalam menggali informasi tentang Perubahan Musim & Muson di Indonesia. Dengan begini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda kedepannya. 



SUMBER : LKS IPS Kelas VII, SMP Negeri 16 Kota Tangerang. 
MATERI : Perubahan Musim di Indonesia (IPS).




Posting Komentar