Ketahui Dirimu Sendiri - Know Yourself

Hasil gambar untuk self
Manusia memang terus berusaha untuk menjadi yang terbaik, dan itu memang diakui oleh diri kita sendiri sebagai manusia. Tetapi, apakah dengan kemauan dan hawa nafsu yang melimpah, manusia bisa meraih kesuksesan?

Jujur, saya membuat artikel ini karena saya peduli terhadap teman-teman saya yang masih bingung dengan apa yang mereka mau. Dan sejujurnya lagi, saya ingin membagikan pengalaman dan informasi ini kepada kalian semua untuk terus bisa maju menjadi orang yang kreatif dan bermanfaat bagi keluarga.

Seperti pada judul, kali ini saya akan memberikan informasi penting untuk kalian semua dalam meraih kesuksesan. 

Apa itu Know Yourself?

Know Yourself adalah sebuah kata dalam bahasa Inggris yang artinya adalah ketahuilah dirimu sendiri. Dan yap yap ya, kalian itu perlu untuk mengetahui banyak sekali hal dalam diri kalian. Untuk mengetahui ini, kalian bisa membuat sebuah daftar pertanyaan 5W+1H. Contohnya adalah :
  • Apa tujuan saya untuk hidup?
  • Apakah saya pantas untuk hidup?
  • Tindakan apa yang harus saya lakukan untuk menjalani kehidupan yang baik?
Jadi ini sangat penting sekali bagi diri kalian, terutama para remaja. Saya katakan remaja karena kalian sendiri masih bingung harus berlaku apa dimasa depan, apa yang kalian mau, jadi apa kalian di masa yang mendatang, dan masih banyak hal lain yang perlu kalian ketahui. Disaat kalian semua berusaha untuk menjawab pertanyaan diatas, kalian tentunya harus mengetahui karakter dari diri kalian sendiri. Seperti apa kalian ketika sedang marah, hobi yang kalian suka apa, dan lain sebagainya. 

Dimasa mendatang nanti, ketika kalian ingin bekerja, pasti kalian akan menghadapi yang namanya interview. Hampir semua interviewer itu akan menanyakan satu hal, yaitu "ceritakan tentang dirimu". Dan kalau kalian gagal dan menyampaikan yang terbaik pada si interviewer, maka kalian akan gagal pula untuk bekerja di perusahaan tersebut. Pastinya juga, kalian harus dapat mengetahui diri kalian sendiri untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Mengapa kita butuh mengetahui diri kita sendiri?

Ini adalah pertanyaan yang sangat tepat sekali untuk terus memberikan kontribusi kepada banyak orang. Pengetahuan itu banyak, bukan hanya 10 mata pelajaran waktu kita di sekolah dasar. Dan kita memerlukan pengetahuan lagi yang lebih dalam untuk terus mencari jati diri siapa sebenarnya kita.

Baca juga What You Passionate About? Let's Do It!

Memang, kebanyakan orang yang sukses itu pernah mengalami susah. Tetapi seseorang yang sukses dapat menyelesaikan masalah yang rumit karena ia tau apa yang harus ia lakukan. Jadi seperti itulah kira-kira mengapa kita perlu mengetahui apa yang harus kita lakukan.

Train Yourself


Hasil gambar untuk train yourself

Sebagai manusia yang ingin sukses dan meraih kebahagiaan. Kita harus terus melatih diri kita untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Melatih diri untuk sabar dan kuat dalam menghadapi cobaan dapat kalian lakukan untuk lebih kuat.

Dalam hal psikologi, orang yang tidak tabah dalam menghadapi cobaan akan merasa stress dan frustasi. Salah satu contohnya adalah kehilangan salah satu kerabat keluarga. Ketika kita tidak tahu apa yang sebaiknya kita lakukan, maka kita pasti akan stress menghadapi ujian tersebut.

Melatih emosi dan kendali diri adalah salah satu hal yang tepat untuk mengetahui sampai mana kita bisa melakukan suatu hal.

Dreaming

Bermimpi termasuk dalam hal yang penting untuk mengetahui cita-citamu seperti apa, apa yang kamu mau, jadi apa kamu dimasa depan, dan seterusnya. Bermimpilah setinggi langit, sehingga ketika kau jatuh, maka kau jatuh diantara bintang-bintang.

Bermimpi itu lebih baik daripada kenyataan yang sangat pahit. Terkadang kita membutuhkan untuk berkhayal positif sebentar untuk merefresh perasaan dan pikiran.

Masa-masa SMP adalah masa yang tepat untuk menentukan menjadi apa kalian dimasa depan. Saya berpesan bagi anak-anak SMP untuk jangan meluangkan waktu dan uang untuk hal yang tidak pasti dimasa mendatang, karena di SMA/K nanti, kalian akan sulit untuk merubah nasib.

Putuskan yang haq dan yang bathil



Seorang muslim yang baik harus menyontoh perilaku si pemilik gelar Al-Faruq, yaitu Umar Bin Khattab r.a. Beliau adalahh seorang khalifah yang sangat patut diteladani kebijaksanaan nya dalam mengambil sebuah keputusan. Seorang yang berani dan kuat dalam menghadapi segala musibah. Serta selalu berusaha yang terbaik bagi rakyatnya.

Yap yap ya, setelah kalian selesai bermimpi, kalian harus mengetahui putusan manakah yang lebih baik untuk kedepannya bagi diri kalian sendiri. Disaat-saat seperti itu, kalian akan merasakan bagaimana rasanya kebingungan akan hidup kalian. Contohnya adalah "Saya ingin masuk SMK, tetapi manakah jurusan yang lebih baik, TKJ atau Multimedia?

Apa manfaat yang akan saya dapat jika sudah mengetahui diri saya tersendiri?

Sebenarnya pengertian dari Know Yourself itu bisa kalian definisikan sendiri dalam kalimat lain. Dan metode Know Yourself ini memang sudah turun temurun dibawa oleh nenek moyang kita sendiri. Apakah pekerjaan nenek moyang kita jaman dulu? Nenek moyang kita itu bekerja sebagai nelayan. Dan beliau tau apa yang dia sukai. Ia terus giat dalam mencari ikan sehingga akhirnya sukses dan bahagia.

Know Yourself dapat membantu kalian untuk mengenal orang lain. Mengapa? Karena ketika kalian sudah selesai mengetahui diri kalian sendiri, maka kalian tentunya akan bisa menilai orang lain, walaupun dengan perspektif dan pandangan yang berbeda. Terlebih lagi, kalian bisa belajar menyayangi diri sendiri dan belajar jujur kedepannya.

Lakukan apa yang kalian mau!


Dunia ini bebas walaupun Tuhan punya aturan dan larangan tertentu. Seperti apa kata Bayu Skak a.k.a Moektito, kalian harus terus berusaha membuat karya yang baik, buat konten sebagus mungkin, rajin, dan giat berusaha.

Saya juga terus berusaha untuk membagikan pengalaman beserta wawasan umum yang telah saya dapatkan. Saya menjadi konten kreator atau penulis artikel pada blog ini mulai dari awal bulan Desember 2014. Dan karena saya malas, pada beberapa bulan kemudiannya, blog  ini pun jatuh dan terus mengalami penurunan.

Lalu saya memutuskan untuk bangkit kembali dan membuat artikel lagi mulai dari bulan Januari 2016 dan berusaha terus memberikan kontribusi saya kepada kalian. Saya melakukan yang saya passionate. Orang lain gak bisa melarang saya untuk membuat  konten tulis, karena saya suka akan hal itu.

Dan saya pun mengetahui tentang diri saya sendiri, bahwa saya itu senangnya dalam bidang sastra tulis, musik dan video.

Baca juga beberapa artikel dibawah ini :

Apa Pentingnya Search Engine Optimization (SEO)?
7 Funniest Indonesian Youtuber! - PALING KOMPETEN 2016
5 Cara Meningkatkan Produktivitas Affiliate Marketing
5 Cara 'Gila' Sosial Media Mengubah Pikiranmu <<<<<< Sharing video penjelasan sosmed via Youtube.
Pengertian Soko Guru a.k.a Koperasi di Indonesia



Komentar

Unknown mengatakan…
saya suka dengfan tulisannya, lugas elegan dan produktif