Tutorial Membuat Blog Berbasis Blogspot

Bagaimana Cara Membuat Sebuah Blog Berbasis Blogspot

Assalamualaikum para pengunjung blog yang saya hormati.Blog memang sudah lama terkenal dan akhir-akhir ini banyak peningkatan
pengguna blog. Apa itu blog? Blog adalah sebuah situs di internet tempat bagi para
admin (user) blog tersebut membagikan hal-hal kepada pengguna internet lainnya. Blog
itu sangat seru menurut saya, karena dengan menggunakan blog kita dapat
menginspirasi dan membagikan hal-hal yang bermanfaat bagi oranglain. Nah pada kali
ini saya hanya akan membagikan informasi dan pengetahuan kepada anda yang sejak
lama ingin membuat sebuah blog tetapi tidak bisa, saya punya solusinya. Tetapi blog
yang akan saya pakai adalah blogspot. Blogspot adalah sebuah perusahaan internet
yang menyediakan tempat bagi para penggunanya membuat sebuah artikel. Nantinya,
pengguna tersebut akan mengelola sendiri halaman situs blog yang telah ia buat. Nah
gimana sih cara membuat blog berbasis blogspot? Menurut saya membuat blog berbasis
blogspot itu sangat simple sekali, tidak perlu rumit dan keamanannya juga sangat
terjamin!
Ada beberapa cara yang memungkinkan anda bisa membuat sebuah blog, tetapi saya
akan menyampaikannya nanti. Saya akan mengutarakan terlebih dahulu lebih jelas
tentang blog berbasis blogspot. Belakangan ini blogspot semakin ramai pengunjung
karena fitur-fitur yang disediakan oleh perusahaan tersebut sangatlah menarik dan
memikat para pengunjung blog, sehingga pengunjung tersebut terinspirasi untuk
membuat sebuah blog berbasis blogspot tersebut. Blogspot sekarang paling banyak
digunakan oleh para pelajar dan pengusaha atau pebisnis. Karena saking banyaknya
orang yang berbisnis lewat blog, blogspot juga bisa membuat sebuah banner dalam
blog tersebut. Sudah banyak para pelajar atau mahasiswa yang mulai berbisnis dengan
cara membuat banner diblog. Tetapi maaf, saya tidak akan membahas hal itu. Tetapi
topik kali ini adalah bagaimana cara membuat sebuah blog. 

Blogspot telah bekerjasama dengan perusahaan SEO terbesar didunia yaitu Google. Karena kedua belah pihak sudah bekerjasama & menandatangani kontrak, maka untuk membuat sebuah blog berbasis blogspot kita harus mempunyai sebuah akun Google. Lah kok Google juga bisa punya akun? Ya! Sudah lama sekali Google menawarkan kepada para penggunanya untuk membuat sebuah akun jejaring sosial yang tidak kalah dengan Facebook, Twitter ataupun Instagram. Google mempunyai sebuah situs halaman website yang memungkinkan anda berkomunikasi dengan orang atau kerabat terdekat. Google+ atau Google Plus namanya. Google+ ini menurut saya adalah aplikasi jejaring sosial yang canggih sekali karena dapat memungkinkan para penggunanya menggunakan video telepon.

 Nah sebaiknya kita langsung saja ke topik.
Tutorial & Langkah-langkah Membuat Blog :

1. Login/Registrasi Akun Google.
Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa perusahaan Blogger adalah mitra atau partner kerjasama dari Google. Oleh karena itu untuk membuat sebuah Blog berbasis Blogspot (Namanya Blogger), kita harus membuat sebuah akun Google terlebih dahulu. Saya akan tunjukkan kepada anda bagaimana caranya untuk membuat sebuah akun Google. Jika anda punya akun Google, maka silahkan lanjutkan langkah kedua. 

Pertama-tama anda harus mengunjungi website halaman Google dengan mengetik www.plus.google.com. Tampilan menu utama dari akun Google adalah sebagai berikut :
Apakah anda melihat ikon warna biru dibawah kotak login? Sebenarnya itu bukanlah sebuah ikon, tetapi hanyalah sebuah tulisan yang jika kita klik maka akan muncul data-data yang ditampilkan untuk pendaftaran. Klik "Buat Akun" dibawah kolom login untuk mengisi formulir pendaftaran. Harap masukkan data pribadi anda dengan baik dan benar juga jangan sampai salah. Harap ingat-ingat lagi kata sandi dan ID Google yang anda buat sebelum melakukan pendaftara, hal ini harus dilakukan untuk mengantisipasi lupa password dan ID Google yang telah kita buat tersebut. Jangan lupa untuk tidak memberitahu data pribadi yang telah anda masukkan (kepada Google) kepada teman ataupun orang yang tidak bisa anda percaya. Jika anda salah dalam memberitahu kepada oranglain, maka bisa terjadi hacking ataupun pembajakan. Jadi harap berhati-hati, saran saya jangan beritahu kepada siapapun. Jika akun anda hilang di hack oleh oranglain, maka Google tidak bertanggungjawab atas hilangnya akun tersebut. Jika anda sudah membuat atau memenuhi persyaratan & kebijakan privasi Google (sudah mendaftar), maka anda sudah mempunyai sebuah akun Google. Selanjutnya adalah meneruskan langkah berikut.

2. Kunjungi Situs Blogger.
Jika anda sudah mempunyai akun Google, otomatis anda juga sudah mempunyai beberapa aplikasi yang ditawarkan kepada Google (kepada anda), termasuk situs Blogger ini. Sejak 1 Mei 2010, Blogger & Google sudah mencapai kesepakatan bersama, yaitu (jika ingin mempunyai akun Blogger) maka harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Jika anda ingin mengunjungi situs Blogger, maka ketik "www.blogger.com" pada kotak penelusuran. Dan setelah anda mencari & mengunjungi situs resmi Blogger, maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan & permintaan Blogger. Hal tersebut misalnya adalah meminta anda untuk menentukan alamat URL blog yang akan anda buat, judul blog anda, template atau tampilan blog anda dan lain semacamnya. Berikut adalah halaman utama atau dashboard beberapa blog saya :
Jika anda sudah mengatur beberapa privasi & tampilan halaman blog anda, dan jika mungkin anda sudah memulai mengerti cara memposting artikel diblog anda. Maka tutorial Cara Membuat Blog Berbasis Blogspot ini telah berakhir. 

Tambahan atau Bonus : Cara memposting artikel diblog anda adalah dengan mengklik ikon berwarna oranye (berbentuk sebuah pensil/pulpen). Dan cara melihat traffic blog anda maupun mengatur setelan privasi blog anda, maka anda bisa mengklik ikon lembaran kertas atau "daftar lembaran entri" yang berada disamping ikon berwarna oranye tersebut.
Terimakasih telah mengunjungi blog saya di artikel Tutorial Membuat Blog Berbasis Blogspot. Sekiranya itulah yang dapat saya sampaikan, jika ada yang ingin bertanya saya persilahkan. Dan jika ada waktu luang saya akan membuat artikel Tutorial Membuat Blog Berbasis Wordpress. Sampai jumpa lagi nanti.


Komentar

Unknown mengatakan…
Wahhh Keren juga nih artikelnya, bermanfaat sekali nih :D
lanjutkan ya sobat :D


fokus-belajar.blogspot.com