Cara Membuat Dialog, Percakapan dan Cerita Kreatif


Percakapan merupakan suatu kegiatan keseharian yang selalu dilakukan oleh semua manusia yang ada didunia ini. Percakapan merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dan juga memberikan informasi atau kabar berita mengenai suatu hal. Setiap manusia memerlukan untuk berbicara kepada orang lain karena itu harus dilakukan untuk membantu aktifitas manusia itu tersendiri.

Kali ini kami akan memberikan kepada kalian tips dan tahapan untuk membuat sebuah percakapan atau dialog secara kreatif dan juga atraktif/menarik. Kami ingin para pengunjung menjadi orang yang benar-benar bisa membuat sebuah karya yang juga harus dihargai oleh orang lain terutama anak sekolah, bukannya dihina dan dicaci maki. Mari kita simak langkah berikut ini.


Tentukan & Buat Tema Yang Mengesankan

Setiap orang akan terkesan kepada sebuah karya jikalau kita bisa memberikan apapun yang terbaik dari karya kita terhadap mereka. Kita harus mampu membuat cita rasa yang berbeda atau khas daripada dialog/percakapan yang lain. Pada setiap cerita pasti kita membutuhkan tema atau pokok penting yang akan dibahas pada cerita tersebut. Begitu juga dengan dialog/percakapan. Banyak tema yang dapat digunakan pada membuat dialog, antara lain adalah :
  • Fantasi
  • Horror
  • Drama
  • Komedi
  • Misteri
  • Pendidikan
  • Persahabatan
  • Percintaan

Membuat Judul Menarik

Ada beberapa faktor penentu yang menjadikan dialog/percakapan itu sebagai yang terbaik dan juga paling menarik diantara beberapa karya percakapan yang lain. Tema atau kategori pada dialog/percakapan dapat menjadi penentu utama dalam membuat pembaca tertarik dan ingin menyaksikan kembali karya kalian. Buatlah judul yang tidak lazim atau jarang digunakan, contoh saja Pesta Kematian di Banangsai. Selain itu juga banyak beberapa judul yang bisa kalian gunakan untuk membuat orang tertarik untuk membaca dialog/percakapan milik kalian.

Kalimat Efektif

D idalam dialog tersebut harus disematkan beberapa kata kunci yang membuat para pembaca menjadi menikmati cerita atau dialog yang kalian buat. Kalimat tersebut dikatakan efektif karena dapat membuat orang merasa terpukau dengan alur/plot dalam cerita tersebut. Kalimat tersebut menjadikan cerita Anda terasa bermakna dan sangat seru.

Alur/Plot Yang Simpel dan Terjangkau

Maksud terjangkau pada langkah ini adalah bisa menampung sebanyak orang untuk membaca dialog/percakapan yang telah kalian buat. Plot yang simpel, sederhana, dan juga sangat memberikan kesan yang menarik dapat membuat para pembaca merasa berada dalam percakapan/dialog yang kalian buat. Ada beberapa macam alur yang biasa digunakan dalam cerita, antara lain :
  • Alur Maju merupakan alur yang dibuat berdasarkan kenyataan dan juga memuat hal-hal yang berawal dari hal kecil menjadi besar.
  • Alur Mundur merupakan alur yang dibuat dan berawal dari hal yang terbesar sampai yang terkecil. Menceritakan dari sesuatu yang telah jadi sampai ke bentuk semula.
  • Alur Maju-Mundur (Flashback) merupakan alur yang dibuat berdasarkan dari hal yang besar, kecil, atau sedang dan seterusnya yang memuat banyak ingatan bagi para karakter/tokoh.
Paragraf Yang Teratur

Bayangkan jika artikel, cerita, atau dialog Anda memiliki paragraf yang tidak jelas. Paragraf yang tidak membuat kesan mendalam bagi para pembaca. Kalian harus bisa menyesuaikan paragraf dengan kapasitas huruf/kalimat yang akan diketik. Paragraf ini sangat membantu para pembaca dalam memahami struktur dan inti dari bahasan pokok cerita, dialog, ataupun artikel.

Tokoh & Watak

Tokoh dan watak, apakah itu berpengaruh? Pertanyaan yang sangat bagus. Banyak orang yang melupakan tokoh dan watak. Padahal tokoh dan watak ini merupakan sebuah penggerak tema yang akan memberikan kesan inspiratif kepada para pembacanya. Tokoh dan watak harus sesuai dengan tema pokok bahasan yang nanti akan dikemukakan dan dibaca oleh para pembaca. Watak juga harus ditentukan dengan benar terhadap nama-nama tokoh yang telah dibuat. Watak merupakan sifat, perilaku, dan juga kelakuan yang dibuat oleh karakter/tokoh.

Komentar