Rabu, 08 Juni 2016

5 Hal Yang Ada Setahun Sekali di Bulan Puasa


Puasa adalah menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebelum berpuasa seorang muslim disunahkan untuk bersahur terlebih dahulu. Nabi Muhammad biasanya bersahur dengan memakan 3 buah kurma dan segelas air yang konon (3 buah kurma) itu dapat menahan lapar seharian. Tapi ada beberapa hal langganan yang biasanya datang di bulan Ramadhan, apa sajakah itu?

1. Kolak dan kolang-kaling


Makanan ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum Indonesia yang tinggal di daerah Jawa. Kolak dan kolang-kaling biasanya terdiri dari beberapa potong buah pisang, ubi, dan kolang-kaling. Rasanya enak karena bercampur dengan kuah yang terdiri dari gula merah dan santan.

Bau kolak ini sedep banget dah, bikin pengen buka puasa. Biasanya kolak ini bisa kita temui di penjaja makanan di pinggiran jalan. Harganya murah kok, berkisar antara Rp.5000 hingga Rp.8000. Enak-enak....

2. Takjil gratis


Bulan Ramadhan berkah banget ya gan. Apalagi ditambah dengan takjil gratis. Biasanya kegiatan ini banyak sekali berada di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Makassar, Palembang, dan lain sebagainya. 

Hal ini ditujukan untuk berbagi bersama dan berlomba-lomba mendapatkan pahala di sisi Allah. Takjil gratis di Indonesia biasa diadakan di masjid, dan jalanan. Menu minumannya gak jauh dari es kuwut, es mutiara, atau kolak. Dan biasanya menu makanan yang ada di masjid-masjid sih makanan ringan seperti lontong, risol, dan pastel.

3. Tawuran sarung

Thanks for the image to Nyunyu.com.

Ngoehehehe, ini udah biasa kerjaan anak cowo gan. Kalo boleh jujur sih, gua juga dulu pernah ngelakuin ini sewaktu kecil. Tawuran sarung ini bisa mengakibatkan kaki merah-merah, berdarah dikit, dan kesakitan bre, jadi gua saranin sih jangan ikut-ikutan.

Yep, tawuran sarung ini sering banget terjadi di bulan Ramadhan dan dilakukan di mesjid-mesjid. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bukan kekerasan. Namun pengalaman tawuran sarung ini gak bakalan dilupain deh waktu kecil. Ya serunya sih bisa ngejepret badan temen aja. 

Cara buat pedang dari sarung ini gampang banget bre. Tinggal digulung (kalo mau sakit sih gulungnya sedikit-sedikit aja) dari diagonal kiri ke diagonal kanan. Alhasil udah bisa dijadiin senjata pamungkas untuk perang seperti gambar di bawah deh.


4. Petasan

Thanks for the image to Sidomi.com.

Petasan memang menjadi barang musiman bagi anak-anak. Gak cuma anak-anak sih, remaja hingga dewasa juga suka memainkan petasan ini. Petasan banyak jenisnya bre, mulai dari petasan ledak hingga petasan yang cuma nyala-nyala aja (petasan disko) bahkan ada petasan yang fungsinya seperti bom smoke/bom asap (petasan kentut). 

Bermain petasan itu sangat berbahaya, bisa menimbulkan kematian dan kerusakan organ tubuh. Yang paling ngeri sih kalo petasan meledak di tangan, itu udah ngeri banget bre. Gak cuma itu, bubuk mesiu pada petasan juga bisa saja meledak sendiri kalau terjadi gesekan (contohnya petasan korek bisa menyala jika digesek ke batu). Keuntungan yang diraup penjual petasan musiman Ramadhan ini juga meningkat gan, bisa sampe belasaan juta rupiah!

5. Bangunin orang sahur, bebedugan, dan pawai obor

Thanks for the image to agan TS Kaskus but officially posted by Nyunyu.com.

Bangunin orang sahur mungkin kegiatan paling kece yang pernah kalian lakuin. Tapi gua sendiri belum pernah bangunin orang sahur karena males. Orang-orang yang ngelakuin ini biasanya bapak satpam komplek. Namun mereka juga dibantu oleh toak mesjid serta anak-anak remaja sekitar komplek. Cara melakukannya bisa dengan memukul kayu atau benda lain semacamnya (yang dapat menimbulkan kebisingan hingga orang terbangun dari tidurnya) dan sambil meneriaki sahur sahur.


Thanks for the image to Dreamstime.com.

Bangunin orang sahur yang keren itu pake ornamen musik tradisional gan, ya semisal bedug dan juga rebana. Mengapa? Karena ini ditujukan untuk menghindari ketidak nyamanan warga komplek atas pemukulan benda-benda yang tidak semestinya sehingga menimbulkan gangguan kenyamanan. Bisa-bisa kalo pada ngebangunin sahur pake pantat panci digebukin warga gan, wkwk.

Thanks for the image to Republika.co.id.

Nah entah kenapa ada mulu disekitar bulan puasa. Pawai obor ini (katanya) ditujukan untuk merayakan dan memeriahkan datangnya bulan Ramadhan. So, bisa dikatakan bahwa kegiatan ini sering dilakukan menjelang memasukinya 1 Ramadhan. Antriannya panjang banget, sekitar satu majelis taklim lah yang mengikuti kegiatan ini. Kalo gini caranya sih bisa menimbulkan kemacetan di jalan raya bre.







Posting Komentar