Pengertian dan Manfaat Diskusi


Bumi memiliki banyak sekali hal yang patut kita banggakan. Bumi juga mempunyai orang-orang terkenal yang hidup di dalamnya. Semua hal yang ada di Bumi ini bisa dijadikan sebagai bahan pembicaraan, bahkan alam kubur pun bisa juga dijadikan bahan pelajaran. But, what is actually discussion?


Pengertian

Menurut Wikipedia, diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompoktersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.

Dari pengertian di atas tentu saja diskusi sangat jauh berbeda dari gosip. Gosip itu semacam rumor yang tersebar luas di sebuah masyarakat, bahkan sampai seluruh dunia, namun biasanya gosip ini berbau negatif. Gosip itu seperti ngomongin orang di belakang tanpa memberikan solusi. Biasanya kalau gosip yang ngomongin orang itu membeberkan kekurangan dan biasanya diawali dengan kata "Ih dia mah begini begini begini, jelek banget kan. Gak suka aku."

Fungsi dan manfaat


  1. Masalah dapat selesaikan secara adil dan bijaksana.
  2. Berlatih mengendalikan emosi dan lapang dada.
  3. Belajar menghargai hak/kewajiban/pendapat orang lain.
  4. Berlatih untuk berbicara/bertanya/mengemukakan & menyatakan pendapat di depan orang banyak.
  5. Tidak terjadinya persengketaan (karena semua aspirasi peserta diskusi telah tersalurkan).
Nah, sama halnya dengan clan yang ada di COC, diskusi juga punya ketua yang mengatur jalannya diskusi. Orang yang mengatur jalannya diskusi disebut dengan moderator. Selain itu, diskusi juga disertai dengan acara tanya jawab untuk memberikan rasa adil kepada setiap peserta.



Komentar