Bisnis Trading Anak Sekolah

Buat kalian yang masih sekolah entah SD, SMP, SMA dan kuliahan pun anda masih dapat melakukan Trading dalam sekolah. Apa sih Trading itu?


Trading adalah berdagang sebuah produk yang anda buat maupun disediakan oleh oranglain. 
Biasanya Trading alias berjualan disekolah itu ampuh dan seringkali banyak pembelinya. Untuk pemula, yah seperti ini dulu lah cara-caranya untuk dapatin uang langsung dari konsumen, ini juga halal dan asli bukan? Tentunya anda ingin mendapatkan uang jajan/balik modal bukan? Semisal, anda membeli 10 makanan dengan harga Rp.1000,00- per makanannya. Nah jika anda menjual kepada teman-teman anda dan laku semuanya, tentu anda mendapatkan kembali modal anda bukan? Seketika anda pulang ke rumah, anda masih mempunyai uang untuk jajan, dan hal ini sangat menguntungkan sekali bukan? Anda dapat mencoba hal ini disekolah maupun dimana saja, anda juga mungkin bisa membuka praktek hal ini dirumah, sesuai dengan kemampuan anda.


Nah saya akan menunjukkan kepada anda, Trading apa saja yang dapat dilakukan anak sekolahan di sekolahnya?

1. Jual Barang Baru/Bekas Yang Menarik Pembeli
Anda dapat melakukan transaksi jual beli disekolah dengan cara ini. Cara ini adalah cara yang sangat efektif menurut saya karena anda langsung membuat barangnya sendiri. Buatlah barang yang biasanya diperlukan dan sering digunakan oleh kalangan teman-teman/masyarakat. Anda dapat menjual barang seperti kotak pensil, pensil, pulpen, label, tipe-x, buku, novel, karangan, dan lain sebagainya. Cobalah untuk menentukan harga yang sangat efektif dan menguntungkan anda & pembeli.

2. Jual Makanan
Selain bertransaksi alias menjual dengan menggunakan barang, anda juga dapat berjualan dengan makanan loh! Anda harus berusaha untuk menjual makanan seperti kripik, kue, makanan ringan, snack, dan lain-lain sebagainya. Cara ini sangat strategis karena disaat istirahat, teman-teman anda tidak perlu jauh-jauh untuk membeli dikantin ataupun beli jajanan keluar, cukup membeli makanan yang anda buat saja. Ingat! Makanan yang anda buat harus terbuat dari bahan alami, lezat dan bikin ketagihan pembeli, menarik teman menjadi pembeli. Anda juga harus memastikan makanan ini sehat dan tidak mengandung bakteri, warnanya juga harus menarik kawan supaya dapat membuat teman anda pengen membeli produk alias makanan anda. Tentukanlah harga yang sesuai dengan pendapatan konsumen anda ya, biar tambah untung cobalah untuk menambahkan keuntungan anda semisalnya Rp.500,00-.

3. Jual Makanan Yang Berasal Dari Koperasi/Kantin
Cara ini adalah cara yang menurut saya efektif. Jual-lah makanan yang bermanfaat dan biasanya suka dibeli oleh teman-teman anda disekolah semisalnya adalah "Pop Mie, Biskuit, Permen, dan lain sebagainya". Kalau cara yang seperti ini kelemahannya adalah anda tidak dapat menambahkan keuntungan karena biasanya harga produk (yang anda jual tsb) sudah diketahui oleh teman-teman anda. Sebenarnya anda dapat menambahkan, tetapi akan menarik lebih sedikit konsumen.


Yuk kita berbisnis :) Anda dapat berbisnis dimana saja dan kapan saja yang anda mau, asalkan ada sebuah peluang usaha untuk melakukan Trading tersebut. Trading ini adalah cara yang dianjurkan dalam agama islam karena :
1. Produknya diketahui dengan cara dicium, dilihat dan diraba
2. Dapat melakukan tawar menawar
3. Terlihat jelas oleh para konsumennya
4. Bukan termasuk scam atau penipuan
5. Harganya terjangkau
Oleh karena itu, untuk memulai sebuah bisnis yang besar kita harus memulainya melalui bisnis yang kecil-kecil dahulu seperti ini. Lumayan bukan untuk uang jajan tambahan? Anda akan mendapatkan hasil dari cara yang halal dan juga produk yang anda jual pastinya halal. 
Dalam melakukan bisnis ini anda harus pintar dalam tawar-menawar dan juga mengolah kata-kata yang aneh menjadi kata-kata yang menarik pengunjung saat melakukan tawar menawar. Anda harus memberitahu kelemahan dan daya positif dari produk yang dibeli pembeli agar pembeli dapat mengetahui secara persis seperti apa produk yang anda tawarkan. Anda juga harus membuat pembeli merasa ingin membeli produk yang anda tawarkan, sehingga produk anda terjual laris.
  Ingat! Dalam melakukan bisnis Trading ini anda tidak boleh memaksa para pembeli untuk membeli produk anda.

Usahakanlah untuk memberitahu dampak postif yang sangat baik jika pembeli membeli produk anda. Anda harus dapat mengolah kata-kata yang dapat menarik pembeli untuk membeli produk anda. Jika anda ingin melalui bisnis ini, tentunya anda harus mempunyai modal dan siap untuk rugi! Tenang saja! Sebenarnya anda tidak rugi, semisal produk yang anda jual berupa makanan dan tidak laku, maka makanan tersebut bisa dimakan oleh anda sendiri bukan?

Nah teman-teman para pengunjung Write Art, sekiranya itu adalah cara-cara efektif yang dapat anda lakukan dalam melakukan bisnis. Bisnis ini dijamin halal 100% asal tidak ada kecurangan didalamnya.

SILAHKAN MENCOBA!! 
:)


Komentar