Cara Membuat Karangan/Cerita


Para pengunjung blog yang saya hormati, saya akan membagikan pengalaman saya sebagai penulis cerita kepada anda sekalian yang membutuhkannya. Apa sih cerita itu dan apa kegunaannya? Cerita adalah sebuah teks atau suara yang disampaikan oleh seseorang kepada oranglain. Kegunaan cerita dapat mendapat ide atau informasi dari cerita tersebut, kita akan menjadi senang, dan kita juga bisa terinspirasi dengan cerita tersebut.

Macam-macam cerita itu ada banyak, yaitu : 
  • Cerita Fiksi
  • Cerita Nonfiksi
  • Cerita Misteri
  • Cerita Sedih
  • Cerita Penyesalan
  • Cerita Persahabatan
  • Cerita Perjuangan
  • Cerita Pengorbanan
dan lain-lain.
Kali ini saya akan menunjukkan kepada kalian bagaimana caranya untuk membuat sebuah cerita. Langkah-langkah yang dapat anda lakukan antaralain sebagai berikut :

1. Tentukanlah Tema Cerita
Tentukanlah sebuah tema cerita yang akan anda buat, tema ini yang menjadi inti dari cerita. Pilihlah tema yang tepat, bagus, dan tentunya seru untuk dibaca. Tema yang biasanya digunakan adalah tema fiksi. Walaupun temanya sama tetapi tentu topiknya berbeda bukan? Tema cerita anda menyangkut isi dari teks cerita anda.

2. Tentukanlah Topik & Tokoh Cerita
Seperti yang telah saya katakan pada nomor satu sebelumnya. Walaupun tema yang dipakai untuk bercerita diseluruh dunia itu sama, tetapi topiknya berbeda akan membuat pembaca penasaran & nyaman dengan cerita yang anda buat. Pilihlah topik yang sedang dicari-cari dan disesuaikan dengan kemauan emosi si pembaca. Topik yang anda pilih akan mempengaruhi alur cerita anda, oleh karena itu pilihlah topik yang bagus dan baik. Buat juga beberapa tokoh cerita yang harus terdiri dari antagonis (tokoh jahat), protagonis (tokoh baik), tritagonis (tokoh penengah). Buatlah tokoh dan sifat atau karakternya yang menarik sehingga membuat seru dan penasaran para pembacanya. Jangan lupa untuk menggambarkan fisik dan mental dari semua tokoh yang anda buat tersebut sehingga mudah di deskripsikan oleh para pembacanya.
 
3. Buatlah Kerangka Cerita & Alur
Jika anda ingin ikut menyukseskan cerita anda tanpa adanya delete/penghapusan dari beberapa kata, sebelumnya anda dapat membuat kerangka cerita yang baik. Kerangka ceritanya bisa berupa pengenalan, rumusan masalah, dan penyelesaian masalah, atau apapun itu. Kerangka cerita harus dibuat dengan serius, dan sungguh-sungguh! Karena jika anda melakukan kesalahan fatal baik sengaja maupun tidak sengaja akan mempengaruhi alur cerita anda. Alur adalah jalan cerita yang berhubungan dengan sebab akibat. Alur dapat terjadi karena tingkah laku tokoh dalam cerita tersebut.


4. Mulai Membuat Cerita
Setelah anda sukses membuat kerangka cerita, anda dapat menyusun ceritanya sesuai dengan alur dan kerangka cerita yang anda buat tadi. Usahakan untuk merapikan paragraf yang anda buat sehingga tidak terbelit-belit untuk dibaca oleh pembaca. 

5. Revisi/Memperbaiki Teks Cerita.
Cek atau periksalah teks cerita yang anda buat, jangan sampai ada salah satu huruf, kata dan kalimat yang salah sehingga membingungkan pembacanya. Anda juga harus memperbaiki paragraf dalam cerita anda. Memperbaiki teks cerita anda dapat meningkatkan pembaca anda dan juga membuat oranglain tertarik untuk membaca hasil cerita anda.

Terimakasih sudah mau mengunjungi artikel dari blog saya, jika anda berkenan silahkan berkomentar. Silahkan mencoba untuk membuat cerita yang menyenangkan!

Komentar