Pendidikan Kreatif & Inovatif


Hasil gambar untuk Pendidikan

Apakah kalian mengingat kakek tua ini? Seorang legendaris yang banyak menginspirasi orang lain didunia ini. Namanya sudah terkenal di dunia internasional sejak puluhan tahun yang lalu. Seorang Nelson Mandela selalu membuat kata-kata inovatif yang memberikan kesan kebahagiaan dan kesan semangat bagi para orang yang ada didunia ini. Dia merupakan seorang presiden dari Afrika Selatan berkulit hitam yang sangat disegani oleh para rakyatnya dan merupakan salah satu orang yang paling aktif dalam organisasi internasional, sebut saja PBB. Seorang Nelson Mandela meninggal kurang lebih satu tahun yang lalu dimana ia memiliki penyakit kanker dan juga beberapa penyakit pernapasan.

Dari kisah diatas dapat diketahui bahwa seseorang dapat mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Tetapi dengan kata lain juga berarti bahwa seseorang dapat mengubah dunia ini menjadi lebih buruk daripada sebelumnya. Dunia membutuhkan seorang pemimpin layaknya seperti desa, kecamatan, dan juga negara. Dunia membutuhkan seseorang yang dapat memberikan kesan semangat bagi para manusia yang ada di bumi ini. Untuk membuat seseorang menjadi orang yang pintar dan berprestasi diperlukan pendidikan. 

Pengertian Pendidikan

Apa itu pendidikan? Mengapa perlu ada pendidikan? Siapa yang menciptakan pendidikan? Kapan pendidikan diciptakan? Bagaimana rasanya menjadi orang yang terdidik? Pertama-tama akan saya jawab terhadap pertanyaan yang pertama mengenai arti dari pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah sarana atau media yang membuat seseorang merasa terlatih dan juga berkembang lebih baik dari sebelumnya berkat ilmu. Ilmu ini yang menjadi seluruh sumber dari segala sumber yang ada di setiap pendidikan. Pendidikan dibutuhkan untuk menciptakan kebahagiaan bagi orang-orang yang mau memiliki pendidikan dan juga pendidikan sangat dibutuhkan karena perkembangan dunia yang terus meningkat.

Mengapa pendidikan dibutuhkan? Sebelumnya telah saya katakan bahwa pendidikan itu merupakan sebuah sarana untuk membuat seseorang menjadi pintar bukan? Itulah tujuan dari pendidikan. Pendidikan dibuat dan diciptakan untuk melahirkan orang-orang yang pintar dan berkreasi. Apa itu pendidikan yang berkreasi? Pendidikan yang dapat menciptakan pendidikan baru dan dapat menciptakan orang yang sangat paham mengenai perkembangan jaman modern ini. Dunia ini semakin buruk dan keburukan tersebut diperparah dengan adanya teknologi canggih yang menggoda manusia untuk acuh terhadap sesama.


Siapa yang menciptakan pendidikan? Orang yang menciptakan pendidikan itu tidak ada. Tetapi yang menciptakan pendidikan itu Tuhan, yaitu Allah. Seperti yang kalian ketahui bahwa Allah itu memiliki ilmu kalam. Ilmu Allah tidak akan pernah habis walaupun ditulis dengan tinta yang seisi tujuh samudera yang ada di bumi ini. Allah menciptakan dunia ini dengan ilmu-Nya sendiri tanpa campur tangan makhluk lain, apalagi manusia. Kemudian pada saat penciptaan nabi Adam, Allah membagikan ilmu-ilmu tersebut kepadanya (Nabi Adam) untuk diamalkan dan untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik. Bisa dilihat sekarang bahwa dunia ini semakin jelek, buruk, dan banyak terjadi bencana alam di beberapa benua. Ini semua karena manusia yang acuh tak acuh dalam membuat dunia ini memburuk. Mereka mempunyai ilmu tetapi tidak mau mengamalkan ilmu tersebut, naudzubillah.


Kapan pendidikan diciptakan? Pendidikan diciptakan sebelum manusia diciptakan oleh Allah S.W.T. Pendidikan atau ilmu itu diciptakan oleh Allah sebagaimana yang telah saya ucapkan tadi. Ilmu sangat berguna bagi semua orang. Tidak ada ilmu yang tidak berguna bagi setiap hal yang ada didunia ini kecuali disalahgunakan oleh manusia. 

Bagaimana rasanya menjadi orang yang terdidik? Kalau ditanya rasanya menjadi orang yang terdidik itu sangat fantastis! Semua orang ketika ditanya rasanya menjadi orang pintar pasti akan menjawab dengan jawaban hal positif. Orang yang terdidik atau orang yang memiliki kelebihan ilmu pasti akan merasa bangga atas ilmunya tersebut. Seseorang yang terdidik akan memiliki kehidupan yang bahagia beserta juga dengan keturunannya. Orang yang terdidik sudah pasti akan berbaik hati untuk membagikan ilmu yang ia miliki. Juga orang yang terdidik akan lebih berdekat diri kepada Allah S.W.T atas kenikmatan yang telah diberikan oleh-Nya.


Dari beberapa pernyataan atas pertanyaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan itu sangat berarti bagi dunia ini. Dunia membutuhkan pemimpin yang sangat bijaksana dan juga adil. Untuk membuat dunia ini menjadi lebih aman dan nyaman kita membutuhkan pemimpin. Seseorang akan memilih pemimpin berdasarkan dengan ilmu/pendidikan beserta juga dengan kesuksesan yang ia raih bukan? Kesuksesan tidak akan terjadi jikalau seseorang tidak memiliki pendidikan.


Pendidikan Kreatif & Inovatif

Nah, apakah kalian sudah mengerti dengan beberapa kesimpulan diatas? Jika dikumpulkan lagi kesimpulan tersebut akan berkaitan dengan pendidikan kreatif dan pendidikan inovatif. Sebenarnya semua orang dapat mengartikan tentang mengenai pendidikan kreatif & inovatif ini tetapi saya ingin membagikannya kepada kalian yang belum tahu. 

Pendidikan kreatif & inovatif merupakan pendidikan yang dapat membuat seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya karena berhasil menciptakan sesuatu hal yang baru dengan ilmu miliknya sendiri. Jika diartikan, kreatif merupakan sebuah pemikiran yang dapat memberikan efek positif bagi lingkungan sekitar. Selain itu juga dengan inovatif. Inovatif merupakan sebuah hal yang diciptakan oleh seseorang melalui ilmunya sendiri dan dapat memberikan efek dengan jangkauan wilayah yang cukup luas.

Perbedaan antara kreatif & inovatif hanyalah sedikit. Berbeda dengan kreatif, inovatif dapat memberikan efek positif kepada banyak orang yang mendatangkan manfaat dalam jumlah jangkauan wilayah yang luas. Contoh saja para penemu internasional seperti Alexander Graham Bell, Marconi, Dua bersaudara Wright (penemu pesawat), dan lain sebagainya. Mereka merupakan contoh dari banyak orang didunia ini yang memiliki kreatifitas tinggi dan dapat menciptakan sesuatu yang baru dan mereka dapat disebut sebagai orang yang inovasi dan dapat memberikan inovasi yang modern. Orang yang inovatif dan kreatif tidak akan pernah cepat untuk puas terhadap apa yang ia raih sebelumnya.

Komentar