Ayo Membantu Bulan Dana PMI 2015!

            

Palang Merah Indonesia atau biasa disingkat PMI adalah organisasi kesehatan yang membantu orang-orang sakit, mulai dari pingsan sampai dengan orang kecelakaan. Tidak semua orang sanggup menjadi anggota PMI. Mengapa? Karena orang yang benar-benar ingin menjadi PMI harus ikhlas dan tulus dalam membantu oranglain. Organisasi yang lahir pada tanggal 17 September 1945 ini memiliki 7 prinisp dasar, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.



Palang Merah Indonesia adalah organisasi kesehatan yang sangat berfungsi bagi masyarakat sekitar dan membantu banyak orang yang membutuhkan. Sedikit sekali orang yang ingin dan mau untuk ikut ke dalam organisasi ini. Untuk itu, kalian semua para remaja diharapkan mampu memajukan PMI dengan bergabung di organisasi PMR (Palang Merah Remaja). Hal ini dapat membantu kalian tentang menghargai seseorang, menolong, dan bersikap santun kepada orang yang kalian tangani. Itu juga sangat membantu kalian wahai para remaja. Mengapa? Karena berdasarkan Biologi, seorang remaja akan mengalami peningkatan emosi dan marah yang tak terkendali. Nah maka dari itu seorang remaja harus bahkan wajib untuk mengikuti banyak kegiatan untuk menghindari hal itu untuk meningkatkan pendidikan karakter remaja yang baik. Dipastikan jika kalian ikut PMR gak akan nyesel dan juga seru deh.


DONOR DARAH
Hasil gambar untuk donor darah pmi 
(Source : www.google.com)

"Yaelah, kalau yang ini mah hampir setiap orang juga udah tahu, mulai dari balita sampai lansia pun bahkan sudah tahu apa itu donor darah. Donor darah adalah kegiatan melakukan pengambilan darah yang lalu disimpan di bank darah, lalu digunakan untuk transfusi darah kepada seseorang. Donor darah ini tidak boleh sembarangan loh, karena harus memiliki beberapa syarat sebelum melakukannya. Pendonor harus menjaga kondisi kesehatan badan kurang lebih 1 bulan sebelum pelaksanaan pendonoran. Jika makan, pendonor tidak boleh sembarangan karena dapat menyebabkan kerusakan pigmen-pigmen sel darah bahkan membuat peredaran darah sempit. Kita sebut saja orang yang obesitas. Obesitas tuh kan orang-orangnya gendut semua. Jangan salah, itu juga ada kaitannya dengan darah. Bisa jadi pembuluh vena atau arteri nya itu bisa pecah karena darah yang dihasilkan terlalu banyak mengandung zat makanan. Maka dari itu kesehatan perlu dijaga bagi para pendonor."

Kalau gak salah sih, darah yang ada di tubuh manusia mencapai 3-7 liter. Dan itu sangat penting bagi manusia itu sendiri. Menurut catatan buku LKS Biologi Kelas 8 SMP saya, darah merah berfungsi sebagai sarana pengangkut zat makanan dan oksigen. Itulah mengapa darah sangat penting bagi manusia. Maka dari itu kita harus menjaga darah kita agar tetap bekerja optimal. Darah juga perlu dijaga layaknya jasmani tubuh, jangan sampai ada cacing atau maggot yang masuk ke dalam sistem peredaran darah kalian. Kan suka ada tuh tayangan TV di National Geographic Channel dengan judul Monster Inside Me. Ih gila, itu gua jijik banget, ngilu dan geli kalo nonton gituan. Yaudahlah itu mah gak penting.

SYARAT MENJADI PENDONOR DARAH

Di paragraf atas saya baru beberapa saja menjelaskan tentang syarat untuk menjadi pendonor darah. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa untuk menjadi seorang pendonor darah PMI itu tidak sembarangan, dan itu memang benar adanya. Berikut adalah syarat-syarat untuk mendonorkan darahnya ke Palang Merah Indonesia via Wikipedia : 

  1.  Tubuh kalian harus sehat dan bugar.
  2.  Berat badannya juga gak boleh gendut juga gak boleh kurus, minimal 47 kilogram.
  3.  Kalo punya penyakit jantung, atau suka kaget itu tidak boleh dalam mendonorkan darahnya. Bisa jadi jantungnya itu kotor atau semacamnya.
  4.  Bukan perokok. Ya mengapa perokok tidak boleh mendonorkan darahnya? Menurut saya, jika seorang perokok mendonorkan darahnya kepada oranglain itu pasti akan beda. Mengapa? Karena jantungnya itu sudah rusak dengan asap rokok, nikotin, dan zat berbahaya lainnya. Dan juga saya himbau kepada kalian yang perokok pasif, untuk tidak menghisap asap rokok dan menjauhi perokok jika ingin mendonorkan darahnya.
  5. Kadar hemoglobin nya 12,5gr% s/d 17gr%.
  6. Denyut nadi 50 sampai 100 kali per menit.
Nah sudah ngerti 'kan mengapa gak semua orang bisa diterima masuk untuk mendonorkan darahnya kepada oranglain? Nah ya sekiranya begitulah kan. Selain itu juga banyak lagi hal yang perlu kalian ketahui, contoh saja golongan darahnya. Golongan internasional ABO yang pertama kali ditemukan oleh Jans Jansky ini memiliki beberapa sampel, yaitu A, B, AB, dan O. Resipien atau penerima yang universal adalah AB yang dapat menerima darah dari semua golongan. Berbeda dengan O yang hanya bisa mendapatkan darah dari transfusi golongan O saja. Tetapi O dapat mendonorkan darahnya kepada seluruh golongan (A, B, dan AB). Dan karena itulah O adalah pendonor yang universal.




Jika kalian mengikuti PMR maka dipastikan bisa bersosialisasi dan mempunyai keprihatinan sosial yang lebih tinggi daripada remaja yang lain, dan saya yakin akan hal itu. PMI mempunyai tujuan yang baik, yaitu peduli dan membantu sesama manusia sebagai makhluk sosial. Tak hanya ikut bergabung, kita juga bisa berpartisipasi sebagai pendonor darah, atau mungkin menyumbang dana untuk keperluan kegiatan-kegiatan bantuan sosial PMI semacam pembagian masker dan pembuatan posko kesehatan bagi saudara kita di Riau dan sekitarnya, dan lain sebagainya.

Kegiatan-kegiatan PMI tersebut dipastikan dapat membantu masyarakat dalam hal kesehatan. Dan itu juga berfungsi sebagai sarana untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Pemerintah provinsi DKI Jakarta mendukung dengan adanya kegiatan-kegiatan PMI yang bersifat positif seperti Bulan Dana PMI pada tahun 2015 ini. Jika kalian ingin mengikuti kegiatan PMI, atau mungkin ingin menjadi anggota PMI, menyumbangkan dana dan donor darah PMI untuk regional DKI Jakarta, silahkan kunjungi www.pmidkijakarta.or.id tentang Bulan Dana PMI 2015. Jika Anda terinspirasi dengan adanya kegiatan PMI ini, maka saya sarankan bergabung dengan organisasi ini.

Jika kalian penasaran dengan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI ini, maka berikut ini akan saya tampilkan foto-foto mengenai kegiatan PMI, terutama di daerah DKI Jakarta :



(Source: Google : www.pmidkijakarta.or.id)

Pada gambar diatas terlihat tokoh superhero spiderman dan power-ranger. Mereka juga termasuk anggota PMI dan bertugas untuk menggelar bakti sosial di masyarakat Kota Jakarta Selatan untuk 300 warga RT 012 RW 06, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tanggal 28 Januari 2014. Itu dilakukan pada saat terjadinya musibah banjir Kota Jakarta yang mengalami penaikkan debit air setiap musim penghujan. Setelah dilakukan bakti sosial tersebut, uang yang terkumpul langsung disulap menjadi bahan-bahan keperluan bagi para pengungsi banjir Jakarta saat itu. Kostum Superhero yang dikenakan oleh relawan PMI tersebut difungsikan untuk memikat dan menarik perhatian warga terutama anak-anak. Ini membuktikan tak hanya donor darah, tetapi kepedulian terhadap bencana alam juga dilaksanakan oleh PMI.



(Penyelamatan menggunakan mobil ambulance (Source: Google : www.pmr3.forum-motion.com)

(Latihan Pembuatan Tandu (Source: Google : www.mochamadrizal19.wordpress.com)

 Pada gambar diatas terdapat beberapa orang sedang membuat tandu. Fungsi tandu adalah untuk mengangkat & membawa pasien/korban ke suatu tempat yang lebih aman. Menggunakan tandu ini juga memiliki keuntungan, yaitu lebih mudah, cepat, dan lebih ringan dibandingkan jika seorang pasien di gendong atau diangkat.   


(Donor Darah Pegawai Kemdikbud (Source: Google : www.kemdikbud.go.id)


(Pembagian Masker Gratis Darurat Asap (Source: Google :
www.kalsel.prokal.co)

Gambar diatas menjelaskan pentingnya kegunaan masker bagi para masyarakat sekitar Kalimantan Selatan yang terkena dampak asap kebakaran hutan. Masker tersebut dibagikan secara gratis diselenggarakan oleh PMI dan tidak memungut biaya sepeser pun dari masyarakat. Itu juga adalah salah satu contoh baik dari kegiatan PMI. Sesuatu yang sangat stunning sekali ya, karena tidak semua orang bisa ikhlas melakukan itu.

Selain itu juga masih banyak kegiatan positif dari PMI untuk membantu masyarakat. Jika saja terjadi musibah, maka Palang Merah Indonesia siap mengabdi kepada nusa dan bangsa. Oleh dari itu hampir dari semua anggota PMI mempunyai rasa kepedulian sosial yang lebih tinggi.
Berminat untuk menjadi seorang relawan PMI? Buruan daftar secara gratis tanpa dipungut biaya sekalipun khusus di daerah DKI Jakarta & sekitarnya. Jika mau bisa menuju ke link berikut : http://pmidkijakarta.or.id/form-pendaftaran-relawan.php
Jika kalian ingin menyumbang dana untuk kegiatan Bulan Dana Sosial PMI, bisa transfer ke 3 rekening bank seperti yang tercantum dibawah ini :

BANK BCA
KANTOR CABANG UTAMA THAMRIN
 206-38-1794-5
ATAS NAMA PMI DKI JAKARTA PANITIA BULAN DANA PMI PROVINSI DKI JAKARTA

BANK DKI
KANTOR CABANG UTAMA JUANDA
101-03—17094-7
ATAS NAMA PMI DKI JAKARTA PANITIA BULAN DANA PMI PROVINSI DKI JAKARTA
BANK MANDIRI
KANTOR CABANG UTAMA JUANDA
123-00-17091945
ATAS NAMA PMI DKI JAKARTA PANITIA BULAN DANA PMI PROVINSI DKI JAKARTA
Bantuan yang diberikan oleh Anda semua akan diterima dan langsung di konfirmasi oleh panitia PMI Provinsi DKI Jakarta. Dan, nomor rekening 3 bank tersebut bukanlah penipuan/scam yang merugikan. Ini adalah cara mereka untuk memperluas jangkauan bakti sosial. Jadi tidak hanya warga DKI Jakarta saja yang bisa menyumbang, tetapi oranglain selain d Jakarta juga bisa. Tenang saja, itu bukan penipuan kok :)

Ayo peduli bantu sesama rakyat Indonesia untuk menjadikan kita sebagai bangsa yang peduli dan memiliki rasa sosial yang tinggi. Dengan adanya kegiatan Bulan Dana PMI ini diharapkan dapat memberikan bantuan yang layak terhadap masyarakat. Kalo bukan kita, siapa lagi? Kalo bukan sekarang, kapan lagi? Marilah membantu, jangan takut kehilangan uang. Mati satu tumbuh seribu, begitu juga dengan uang! 

Komentar