3 Alasan Mengapa Orang Bisa Bodoh

Mengapa Orang Bisa Bodoh?
Gan, serius. Kalau ditanya mengenai hal ini, saya gak tau. Mungkin ada banyak orang pintar diluar sana yang mencari kelemahan dari orang bodoh. Karena emang pada dasarnya kelemahan orang bodoh yah kebodohan mereka itu tersendiri, jadi gak usah di cari-cari lagi, dasar pinter. Ya begitulah gan sekiranya, kita hari ini akan membahas tentang orang bodoh. Kita akan mengulasnya secara padat, singkat, tetapi jelas.


Nah, karena di hari yang spesial 10.000 visitor ini saya sedang berbahagia maka saya akan bawakan sesuatu awesome banget buat kalian. Ini adalah ilmu pengetahuan juga gan, jadi jangan pernah meremehkan informasi atau pengetahuan seseorang walaupun hanya sedikit. Dan yap, kita akan membicarakan tentang si orang bodoh. Beberapa dari kalian pasti mempunyai pertanyaan waktu kecil, kenapa orang bisa bodoh? Nih yang nyari kayak gini biasanya sih orang-orang yang punya peringkat waktu dijaman SD atau SMP, lmao.

Menurut Wikipedia, kebodohan adalah keadaan dan situasi di saat kurangnya ilmu pengetahuan terhadap sesuatu informasi yang bersifat subjektif. Walaupun demikian, bodoh berbeda dengan si dongo (rendah kecerdasan). Kata bodoh adalah kata sifat yang menggambarkan keadaan di saat seseorang tidak menyadari suatu hal, tetapi masih memiliki kemampuan untuk memahaminya.

Udah tau kan arti bodoh yang sebenarnya? Jadi jangan pernah asal ceplos ngatain orang bego (bodoh), ataupun dongo tanpa kalian sadari sendiri arti makna kata itu sendiri. Penjelasan diatas meyakinkan kita bahwa ada beberapa perbedaan signifikan antara bodoh dengan dungu, antara lain :
A) . Bodoh itu kurang ilmu yang bersifat subjektif. Sedangkan si dongo dalam segala sifat yah kurang ilmu, hehe. 
B). Berbeda dengan bodoh, dongo cenderung lebih memiliki rentang waktu yang lebih lama daripada bodoh. 
Karena emang udah pada dasarnya dongo itu rendah pengetahuan. 

Orang-orang yang tidak berpendidikan dan juga tidak mengetahui apa-apa tentang lingkungan sekitar bisa dikategorikan dalam hal dongo.
So here we go to the topic. Mari kita simak lagi judul nya kembali. Kalau ditanya mengenai “kenapa orang bisa bego” ya tanya aja sama orang bego nya, hehehe. Orang bodoh atau bego itu mempunyai beberapa faktor yang sangat rumit, ribet, panjang, dan susah untuk dijelasinnya.

1. Males

But actually sebenarnya mereka itu tidak pantas dipanggil sebagai orang bodoh, panggil saja mereka sebagai orang yang malas. Karena dengan malasnya ini yang menyebabkan seseorang menjadi bodoh. Dan itu gua banget, gua pemalas ngerjain sesuatu. Maunya internetan cepet, ekonomi stabil, dan harga makanan murah. So it means akar masalah dari kebodohan ini adalah ya malas itu. Kita malas berusaha sehingga kita menjadi bodoh.

2. Faktor Ekonomi

Jaman sudah berubah, hampir seluruhnya berubah. Hampir seluruh kegiatan dan aktifitas menggunakan alat-alat digital teknologi yang canggih & murah walaupun terbilang mahal dimata orang miskin. Ya begitulah gambaran wajah-wajah orang desa pedalaman yang jauh dari listrik serta perkotaan. Mereka bodoh karena faktor ekonomi. Dengan uang yang kurang cukup mereka tidak bisa biaya sekolah di kota yang harganya mahal per bulan. Di Indonesia itu apa-apa bayar gan, gak gampang jadinya untuk rakyat miskin. Rakyat miskin gak bisa sekolah dan gak dapat pengetahuan untuk mencapai cita-cita nya. Itulah mengapa gaes.

3.Faktor Pergaulan Negatif

Disinilah peran penting para orang tua dalam membimbing anaknya mulai aktif gan. Kalian tahu sendiri lah semenjak adanya kamera DSLR, banyak anak-anak remaja yang sering nongkrong-nongkrong di tempat sepi, dan biasanya malam. Mereka berkumpul dan membicarakan sesuatu yang gak jelas tetapi ujung-ujungnya negatif. Disini ada satu kesalahan yang bisa bertambah parah, yaitu tingkah laku sindir-menyindir dan sok kuat. Ya kalian pasti sering lihat lah cowo yang sok kuat didepan pacarnya. Biasanya anak-anak tongkorongan seperti itu punya leader alias pentolannya gan. Kalau jagoannya itu udah salah, yang pasti anggota yang lain nya juga pasti bakalan ikut kena salah sifat juga gan. Nah disinilah bodoh nya mereka (anggota) kelompok seperti itu salah. Mereka juga jadi lebih cenderung memikirkan hal-hal gak jelas yang lain daripada mikirin belajar, otomatis (biasanya) anak-anak tongkrongan kayak gitu kalo ada tugas ya NYONTEK gan.

Ya beginilah kebanyakan moral anak-anak bangsa sudah banyak yang teracuni dengan penyalahgunaan teknologi. Seperti yang di nomor 3, punya temen DSLR sedikit langsung sok ngartis gitu dah, tingkah lakunya jadi sok-sokan. Orang bodoh itu sebenarnya pintar, seperti saya, lol. Good news nya adalah, orang bodoh di Indonesia rata-rata itu hanya karena gak paham dan gak ngerti kok.

Dan buat kalian yang orang-orang bodoh, kalian harus terus bekerja keras semampu kalian untuk terus bangkit dari kebodohan kalian itu. Jangan sampai kalian udah bodoh malah dibodohi/ditipu orang lain, wah itu mah gaswat gan. Waspadalah waspadalah. Ambil hikmah positifnya ,jangan pernah malas melakukan suatu hal dan teruslah bekerja. Kalian gak akan bisa berhasil jika tidak belajar dari kesalahan.


Komentar