Kreatifitas - 6 Cara Menjadi Kreatif

Hasil gambar untuk creativity
Tuhan telah menciptakan kita dalam keadaan yang baik dan memiliki akal pikiran. Kita juga dilengkapi dengan 5 panca indra yang menjadi alat keseharian kita untuk melihat, meraba, membau, mendengar, serta mengecap. Selain itu juga Tuhan telah menciptakan kita dengan kepribadian budi pekerti yang luhur, baik, dan rasa menghargai satu sama lain. Dibalik semua itu, Tuhan juga telah menciptakan kreatifitas bagi semua manusia yang menginginkannya.


Definisi Kreatifitas

Apakah kalian masih belum mengetahui arti dari kreatifitas? Kreatifitas merupakan sebuah sikap atau sifat yang menunjukkan seseorang yang mempunyai inisiatif sendiri tanpa melihat/menyalin karya dari orang lain. Orang yang memiliki kreatifitas disebut sebagai orang kreatif. Kreatif itu bisa dinilai dari berbagai aspek karena sudut pandang banyak orang itu berbeda-beda satu sama lain Sehingga timbulah kreatifitas baru dari saran atau penilaian banyak orang.

Bagaimana Cara Kita Untuk Menjadi Kreatif?

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi kreatif. Kreatif apa yang kalian mau? Apakah kalian mau terampil dan kreatif dalam mengolah bentuk kertas origami? Atau kalian mau kreatif dalam bidang olahraga? Semua orang bisa dikatakan pintar dan kreatif dalam bidang yang ia kuasai. Pintar itu relatif alias tidak mutlak dalam KBBI. Jadi orang yang pintar atau kreatif ini bisa berubah-ubah sesuai dengan passion, bidang, dan semangat yang mereka mau. Kalau mereka passionate dalam bidang marketing dan ilmu bisnis, mereka bisa terus berusaha dan menjadi kreatif dalam bidang itu.

1. BELAJAR DISIPLIN

Apa yang saya mau dalam hidup ini? Cita-cita saya apa? Bagaimana cara saya meraih cita-cita tersebut? Sejauh mana saya mengamalkan ilmu yang saya dapatkan di sekolah? Kalian harus mempertanyakan hal tersebut dalam kehidupan untuk menjadi sukses. Bill Gates, Steve Jobs, dan bahkan Leonardo DiCaprio pun pernah mengalami kegagalan, tetapi ia sukses sekarang. Dari kegagalan itulah mereka semua belajar dari kesalahan yang mereka buat dan mulai memperbaiki kesalahan tersebut. Dan sampai akhirnya mereka terbiasa untuk disiplin. Disiplin dalam berbagai hal adalah ciri-ciri orang sukses dan kreatif. Kesalahan merekalah yang membuat mereka menjadi lebih tekun, disiplin, dan bersemangat.

Kalian bisa belajar disiplin mulai dari mengetik. Kalian usahakan untuk menggunakan huruf kapital yang tepat, tanda baca yang baik, serta juga kesopanan atau etika dalam mengetik. Ketika kalian menyuarakan pendapat melalui media internet, kalian harus bisa membuat kalimat yang unik nan disiplin seperti apa yang saya katakan kepada kalian.

2. BE DIFFERENT

Kata diatas bermakna "Jadilah berbeda". Ya. Kalian harus benar-benar menjadi orang yang berbeda dari kebanyakan orang. Ketika kalian mempunyai tugas menggambar motif batik, usahakanlah menggambar motif yang berbeda dari teman-teman kalian. Misalkan kalian menggambar motif batik Mega Mendung, sedangkan teman-teman kalian yang lain menggambar motif yang paling easy, yaitu Kawung. Ini adalah salah satu cara untuk menjadikan kalian lebih kreatif walaupun dipandang tidak kreatif oleh banyak orang. Ingatlah bahwa kalau kalian mau menjadi orang yang kreatif, kalian harus berusaha dan percaya diri.

Tetapi tanggapilah orang yang mengejek karya buatan kalian. Mereka bisa digunakan sebagai bahan wawancara dan mengetahui letak kesalahan/kekurangan dari karya kalian sehingga bisa terus diperbaiki dan menjadi lebih baik.

3. KEEP FOCUSING ON 1 THING

Albert Einstein, Ir. Soekarno, B.J Habibie, dan masih banyak lagi adalah beberapa contoh orang-orang berbakat dan memiliki minat yang sangat tinggi terhadap apa yang mereka minati. Mereka bisa menjadi pintar, dan bahkan menguras kreatifitas seperti B.J Habibie membuat pesawat, semua karena mereka mau belajar dan terus belajar. Apa yang mereka sukai terus mereka pelajari tanpa mengabaikan pelajaran yang mereka benci (contohnya Matematika). Albert Einstein bisa membuat rumus E=MC2 dalam bidang Fisika, Ir. Soekarno bisa menjadi politisi dan presiden di Indonesia, dan B.J Habibie bisa membuat pesawat karena mereka memang fokus dan telah mempelajari hal itu dengan sangat lama. Mereka tekun dan fokus tanpa tergoda gangguan untuk menjadi malas.

4. PERBANYAK KARYA/KONTEN KREATIF

Kalian bisa melihat Youtube, dan melihat begitu banyak sekali artis dunia Youtube dan kaya karena Youtube. Itu semua karena mereka tekun, ulet, focus on 1 thing, dan satu lagi adalah memiliki ciri khas. Jika kalian adalah seorang blogger, kalian bisa terus membuat konten kreatif tanpa menyalin/meniru karya oranglain. Sekali pengunjung mengetahui bahwa konten kalian adalah hasil COPAS, mereka gak akan mau masuk ke blog kalian. Bro, gua saranin kalian untuk berkiprah di dunia internet. Kalian harus bisa menuai sejarah di dunia internet. Kalian bisa menjadi seorang blogger, Youtuber, atau menjadi artis Instagram, semua itu bisa kalian lakukan.

Gampang saja jika kalian tekun dan memiliki semangat atau tekad yang tinggi. Percaya diri juga dibutuhkan disaat seperti ini. Mereka (para artis) adalah orang yang memiliki sedikit ilmu pada awalnya, dan mempunyai keinginan kuat untuk mewujudkan keinginannya. Sehingga tercapailah keinginannya tersebut karena usaha yang mereka telah lakukan. Guys, yang namanya artis itu adalah mereka yang berhasil membuat karya dan menjadi terkenal. Art yang berarti karya. Dengan kata lain, kita juga bisa menjadi artis kalau kita berkarya.

5. LAKUKAN APA YANG KALIAN MAU

Jika kalian ingin menjadi orang yang benar-benar kreatif di dalam pandangan oranglain, kalian perlu untuk melakukan banyak hal. Kalian bisa membuat kebiasaan baru dan mengubah kebiasaan buruk untuk menjadi orang yang terkenal namun kreatif. Seperti mengubah gaya rambut mohak dengan gaya rambut yang lebih baik. Disaat kalian menyukai editing dan manipulasi foto di Photoshop, kalian harus terus mengembangkan keahlian tersebut untuk menjadi sukses. Pelajarilah satu mata pelajaran yang kalian suka, lakukanlah hobi yang kalian mau, dan hiduplah seperti gaya yang kalian mau.

6. PLAYING SUCH GAMES

Bosan dengan kreatif yang itu-itu aja? Mau sesuatu yang menarik semangat? Kreatifitas itu juga bukanlah persoalan yang harus dianggapi terlalu serius dalam hidup ini. Pasti kalian juga butuh yang namanya istirahat atau rehat sejenak untuk menghilangkan rasa lelah. Dan kalian bisa memainkan game untuk mengolah kreatifitas. Game-game umum seperti Minecraft, Tebak Gambar, game puzzle, Zuma, dan beberapa permainan lain juga bisa dijadikan sarana untuk mengolah kreatifitas kalian.

7. COBA AKTIFITAS DAN KEGIATAN BARU

Orang-orang yang telah sukses dan kreatif dulunya mereka itu banyak kegiatan. Banyak kegiatan disini maksuudnya banyak jadwal yang padat setiap hari. Ketika mereka berhasil menghadapi banyaknya jadwal setiap hari, mereka itu bisa disebut sebagai kreatif.

Misal, orang yang kreatif juga dulunya adalah orang culun yang ikut-ikutan ekstrakurikuler baru. Awal masuk sekolah baru mereka gaya-gayaan mengikuti ekskul baru, basket atau taekwondo contohnya. Lama kelamaan mereka merasa nyaman dengan kegiatan tersebut. Karena begitu lamanya mereka menetap di kegiatan ekskul tersebut, maka ilmu yang mereka dapatkan semakin banyak dan bisa menjadi kreatif juga. Cara ini sangat efektif jika kalian lakukan. Kalian butuh percobaan untuk terus maju menjadi orang yang lebih baik. Ingat, bahwa kreatifitas itu adalah cara kalian memecahkan masalah.

Orang yang kreatif itu memang pada umumnya sudah memiliki bakat yang terlihat dari lahir. Tetapi ada juga orang yang hidup didunia ini dengan kerja keras, sehingga mereka bisa menjadi problem solving bagi diri mereka sendiri. Dan itu juga termasuk salah satu kreatifitas. Masalah yang dihadapi, lalu dapat dipecahkan itu juga membutuhkan kreatifitas dan ketekunan dalam menghadapinya.

Bangsa Indonesia butuh banyak orang kreatif untuk terus berkarya. Mengapa? Karena bangsa Indonesia ini sedang dalam masa reformasi yang artinya pembangunan. Youtube, Google, Facebook, Twitter, dan sosial media lain bisa digunakan sebagai bahan pergerakan/pembangunan yang positif sehingga akhirnya berguna bagi masyarakat banyak.

Jika ada diluar sana orang-orang atau anak-anak remaja yang memiliki keahlian dalam dunia programming dan pembangunan, maka sebenarnya mereka tersebut bisa digunakan untuk membuat software dan aplikasi bermanfaat, memajukan fasilitas dan infrastruktur, meningkatkan koneksi internet Indonesia, serta memperbaiki bug dan virus yang ada di dalam komputer. Sebenarnya banyak sekali orang-orang yang berprestasi. Tetapi mereka masih kurang terbuka terhadap kelebihan yang mereka miliki. Dan salahnya pemerintah adalah dimana ketika orang kreatif itu mereka biarkan, bahkan produk kreatif (mobil listrik) itu mereka tinggalkan.

Sayang ya, teknisi mobil listrik tersebut sekarang kerjanya di Malaysia. Duh, dasar pemerintah Indonesia. Ketika ada produk bangsa yang berteknologi dunia malah dibiarkan. Dan kita hanya terus bergantung kepada asing? Haduh. Sebenarnya beliau itu adalah sumber daya manusia yang baik untuk memajukan kesejahteraan manusia di Indonesia yang lain.





Komentar