Pola Hidup Sehat Sederhana

Kesehatan memang merupakan hal segalanya bagi banyak umat manusia di dunia ini. Kita membutuhkan kesehatan untuk bekerja, belajar untuk mendapatkan pendidikan yang layak, bahkan sampai untuk melakukan aktifitas yang lainnya.

Dan dari kutipan diatas dapat disimpulkan, bahwa kesehatan itu merupakan salah satu hal terpenting dari aspek kehidupan. Kesempatan kali ini saya akan membawakan artikel dengan tema lingkungan sekaligus kesehatan, yuk cari tahu apa saja pola hidup sehat itu!


Pola kehidupan sehat merupakan sebuah rangkaian kehidupan yang melakukan segala kegiatan yang baik untuk kesehatan tubuh serta menjauhi segala hal yang dapat mengganggu fisik tubuh. Pola kehidupan sehat itu banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita, terutama pada kekuatan stamina. Apa saja pola kehidupan sehat itu? Contohnya adalah biasanya, orang yang sehat itu mereka jam 6 pagi sudah bangun untuk lari pagi mengelilingi lapangan, atau alun-alun kota.

Berikut ini adalah cara-cara untuk terus melakukan pola hidup yang sehat :

1. Bangun Pagi

Orang yang sehat itu selalu bangun pagi karena sudah terbiasa untuk melakukan berbagai aktifitas nya di pagi hari. Dan di pagi hari itu mereka lakukan berbagai rutinitas olahraga, seperti Yoga, ataupun jogging biasa. Biasakan bangun pagi untuk membuat tubuh merasa bugar dan bisa menghirup oksigen yang bagus. Karena pada pagi hari tubuh bisa merasakan lezatnya udara pagi yang dingin dan segar.

2. Sempatkan Waktu Untuk Sarapan

Makan adalah hal yang penting juga dan termasuk dalam aspek kesehatan. Dengan makan energi kita bisa bertambah dan memberikan gizi yang baik bagi tubuh. Bagi kalian yang bangun sering bangun pagi untuk kerja ataupun sekolah, sempatkan waktu beberapa menit untuk makan makanan bergizi seperti sereal, ataupun makan sayuran/sop, selain itu juga kalian bisa minum Energen sebelum jam 9 agar perut lebih terisi.

3. Jogging di Akhir Pekan

Akhir pekan sudah terasa dan meninggalkan beberapa hari yang begitu melelahkan. Waktunya kita beristirahat dan menikmati apa-apa yang ada di akhir pekan. Kalian main warnet, belajar, ataupun pergi jalan-jalan? Silahkan saja. Tetapi kalian juga punya waktu untuk jogging, jalan sehat, dan melakukan peregangan di pagi hari. Lakukan hal tersebut setiap pekan dengan waktu minimal 15-20 menit. Itu akan melatih stamina, daya tahan tubuh, serta kekuatan otot.

4. Belajar Push-Up

Pernah dihukum sama guru? Apakah hukumannya disuruh bersihin toilet, atau push-up 20-50 kali? Jika kalian adalah orang-orang yang termasuk tidak bisa push-up, maka kalian harus terus belajar olahraga tersebut. Push-up dapat membantu kekuatan otot lengan, dan otot perut. Kebanyakan orang salah dalam mengaplikasikan olahraga push-up ini. Push-up yang benar adalah push-up yang meluruskan kaki dan tangan serta perut sampai bawah, seperti gambar dibawah ini.
Hasil gambar untuk push up

5. Mandi Rutin

Mandi juga merupakan sebuah aktifitas loh! Kalian jangan lupa mandi untuk terus meningkatkan kualitas kebersihan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Banyak orang yang males untuk mandi (seperti saya), ternyata itu adalah hal yang salah. Walaupun di hari libur, mandi juga harus tetap dilakukan dengan waktu yang tepat. Hindari mandi siang dan mandi malam ya! Baca : 5 Bahaya Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat (HaloSehat)

6. Asupan Gizi Yang Baik

Selain sarapan, makan juga dibutuhkan pada siang hari dan malam hari. Hal ini ditujukan agar tubuh tidak mudah tergganggu dan lapar disaat kita sedang melakukan suatu kegiatan. Asal kalian tahu, bahwa orang yang lapar dan tidak makan dengan asupan gizi yang baik juga dapat memberikan efek samping loh! Efek samping tersebut antara lain adalah gejala gizi buruk, turunnya performa, daya tahan tubuh mudah terserang, bahkan sakit demam atau tifus.

7. Sempatkan Waktu Untuk Belajar

Belajar adalah hal yang penting bagi kita. Dan belajar diperlukan untuk masa depan kita yang lebih baik. Setiap manusia membutuhkan belajar untuk menjadi pintar dan berprestasi. Untuk itu, kita harus belajar agar tubuh kita menjadi sehat juga.

Bagian tubuh manakah yang membuat kita menjadi sehat disaat kita belajar? Bagian tubuh tersebut adalah otak. Otak juga perlu asupan gizi yang baik sama halnya dengan makan. Setiap hari otak membutuhkan informasi yang baik untuk mengolah kemampuan mengingat, menghafal, dan berhitung melalui belajar. Lakukan hal ini setiap hari minimal 1 jam setiap malam.


Segitu aja yang dapat saya sampaikan, sekian dan terimakasih!



Komentar