Mau Sukses? 7 Kiat Untuk Menjadi Orang Sukses


Emang sih, terkadang, orang sukses itu bikin kita ngiri. Mereka makan nasi sama halnya dengan kita semua sebagai manusia. Orang-orang sukses seperti Mark Zuckerbeg, Steve Jobs, Bill Gates, dan lain sebagainya juga mempunyai kisahnya masing-masing untuk meraih kesuksesan tersebut. But, how to be a success people?


Kejujuran

Orang jujur sudah pasti memiliki kebaikan dalam hatinya. Mereka memiliki banyak sekali pemikiran cerdas, bahkan terkadang kita memikir bahwa orang tersebut gila. Berani untuk berkata sesuai fakta itu sudah oke banget. Kita merasa nyaman ketika berbicara dengan orang yang blak-blakan.

Nah, bagaimana kita mengetahui kalau mereka adalah orang jujur? Sikap mereka sudah diteliti oleh banyak ilmuwan lho, guys. Mereka berkata apa adanya di hadapan kita, tidak mengambil hak milik orang lain, mengaku dan menghormati kelebihan/kekurangan seseorang, serta kemampuan bicara mereka cepat dan tak tertatih-tatih.

Tanggung Jawab

Tanggung jawab ini menjadi poin penting dan penentu seseorang untuk menjadi sukses. Penilaian seorang presiden juga ada aspek tanggung jawab, bukan? Seorang pemimpin tidak akan sukses, jika ia tidak bisa memberikan kesempatan luas dan kemudahan (pendidikan, ekonomi, dan bernegara) kepada rakyat kecil. 

Seorang murid kelas bernama Bony 1 SMA/K terus belajar giat untuk mendapatkan nilai yang bagus di akhir semester. Sedangkan teman sebangkunya yang bernama Wilfried tidak belajar, padahal ulangan kenaikan kelas akan diadakan minggu esok. Ketika ujian dimulai, Wilfried benar-benar kebingungan, ia tidak tahu menahu harus melakukan apa. Soal yang harus dikerjakan sangat sulit. Akhirnya si Wilfried menyontek ke si Bony ini untuk mengerjakan soal.

Dari contoh cerita karangan di atas, dapat diketahui, bahwa si Wilfried adalah seseorang yang sangat tidak bertanggung jawab terhadap profesinya sebagai pelajar. Berbeda dengan Wilfriend, Bony adalah anak yang rajin dan mau untuk menanggung jawabkan semua tugas untuk ujian kenaikan kelas. Tentu saja Bony yang lebih baik.

Kerja Keras


Semua orang di dunia ini memiliki kemampuannya masing-masing. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang pintar dalam bidang studi Bahasa Inggris, namun kurang pintar di pelajaran Matematika. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang paling susah yang pernah gua temuin.

Seorang pemenang lomba tidak akan juara 1 jika tidak ada kesiapan tersendiri. Mereka terus berlatih untuk menjadi hebat. Di saat berlatih itu pasti ada kesalahan yang terus diulangi. Lalu bagaimana cara mereka sukses? Cara mereka bisa juara adalah karena mempelajari kesalahannya yang telah dilakukan. Setelah mereka mempelajari kesalahannya, lalu mereka mengulang lagi hingga akhirnya berhasil. Proses inilah yang dinilai sebagai kerja keras.

Kerja keras adalah sebuah usaha maksimal yang dilakukan seseorang dengan tujuan tertentu. Maksimalkan kesehatan pikiran dan fisik untuk bisa menjadi seseorang yang hebat.

Focus on one thing


"Sayang, kita putus. Aku mau fokus belajar untuk persiapan UN. Maafin aku yah."

Pernyataan di atas sudah termasuk berjanji lho. Seorang kekasih memutuskan hubungan dengan pacarnya dengan alasan untuk belajar adalah sebuah janji juga. Jangan pernah meremehkan sebuah janji. Satu janji pun akan ditagih di akhirat kelak. Apa janjinya?

Mereka berjanji untuk fokus belajar agar mendapatkan nilai yang bagus dalam ujian nasional nanti. Orang yang fokus justru akan lebih berhasil karena mereka (dengan) bebas melakukan apa yang mereka (harus) lakukan. Sebagai pelajar, kita memang sudah harus dituntun untuk belajar yang baik agar kelak bisa membalas jasa kedua orang tua kita.

Arman adalah seorang murid kelas 7 SMP. Ia mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga permainan basket di sekolahnya. Pada awalnya, ia masih menjadi anak cupu yang gak tau apa-apa tentang basket. Namun karena keinginan yang kuat, ia bisa menjadi kapten di tim basket sekolahnya. Waktu terus berlalu, dan ia terus belatih untuk menjadi lebih baik, sehingga bisa menguasai banyak teknik bola basket.

Walaupun nilai ulangan Matematika dan IPS nya pas-pasan, namun ia mendapatkan nilai yang paling bagus diantara teman-temannya dalam bidang studi Penjas Orkes BAB bola basket. Pernah suatu ketika Arman ditawari untuk menjadi striker dalam sepak bola, akan tetapi ia harus memberikan semangat bagi timnya di sekolah, jadi ia menolak tawaran tersebut.

Bre, orang sukses itu pasti fokus sama 1 hal, bukan 2 hal. Kalau seseorang bisa fokus dalam 2-3 hal, itu baru namanya orang super sukses.

Percaya


Percaya kamu harus berhasil. Percaya kamu bisa menikmati pemandangan gunung Bromo. Percayalah kalau kamu bisa menjadi seorang juara 1 di kelas.

Jangan jadi orang yang ragu. Orang yang memiliki doubt tinggi akan merasa minder dan akhirnya rendah hati untuk sukses. Percayalah, seperti apa kata Afghan dan Raisa.

Sebuah kepercayaan diimbangi dengan usaha yang baik bisa membuahkan hasil manis. Dijamin, ketika kalian beriman bahwa Tuhan itu hanya ada satu, kamu pasti masuk surga, asal kalian beribadah dan selalu memuji-Nya.

Biasanya sih, orang ragu memiliki presentasi 76% mengalami kegagalan dibandingkan orang yang percaya akan kemampuan dirinya sendiri. Ajaran agama Islam juga mengajarkan bahwa kita harus optimis agar meraih hasil yang baik. Menurut website Ilawati, cara-cara meningkatkan percaya diri adalah dengan berpikir positif, menetapkan tujuan, serta membayangkan diri kalian ketika sukses nanti.

Sampaikan fakta yang berkualitas


Sebuah fakta sangat perlu disampaikan untuk memberikan penjelasan yang tepat kepada audience, dan menghindari diri dari kesalah-pahaman seseorang.
"Ceritakan tentang kehidupan Anda." Tanya si interviewer.
Pertanyaan tersebut akan kalian alami (mungkin) disaat nanti sudah dewasa dan sedang mencari pekerjaan. Seorang interviewer membutuhkan sejarah pendidikan kalian agar (mungkin) bisa membantu Anda, kelak. Jawaban dari pertanyaan tersebut bukanlah sejarah tempat tanggal lahir, makanan yang kamu suka, pendidiakan lulusan mana, dan lain sebagainya.

Yang kalian butuhkan adalah sejarah tentang pendidikan yang telah kalian tempuh. Kalian bisa menceritakan secara detil tentang hobi, pelajaran yang kalian suka, kegiatan yang kalian mau, serta tujuan hidup kalian seperti apa. Kalian akan sukses jika menyampaikan kebenaran secara terperinci.

Seorang wartawan tentunya bisa dipecat jika menyampaikan berita bohong yang salah. Dan yang menjadi perhatian publik saat ini adalah media. Kebanyakan media memberikan berita bohong kepada pembaca. Atau mereka lebih sering menyampaikan berita tentang berita bohong. Biasanya judul berita bohong itu diawali dengan "HEBOH!!!!". Contohnya seperti di bawah ini gan, wkwk.


Jangan pernah berhenti berharap, jangan pernah berhenti berdo'a



Semua manusia memang sudah seharusnya meminta ampun kepada Tuhan sekaligus meminta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kesuksesan sesesorang tidak lepas dari nilai ibadah dan do'a yang mereka panjatkan.

Tidak ada orang di dunia ini yang sukses tanpa berdo'a (terkecuali Atheis). Mereka memiliki keyakinan yang kuat, bahwa kita semua masih milik-Nya.

A next step higher, is just keep moving on and hope that success will come for us.

Komentar