[STORY] Google+ and My First Experience with Blogging


Blogging adalah suatu hal yang dilakukan di sosial media, blog, ataupun website di dunia internet. Saya menyukai blogging ini karena saya sudah passion dan menginginkan untuk terus lebih berkembang dari sebelumnya. Dan kali ini saya akan memberikan penjelasan kepada kalian sejarah saya melakukan aktifitas ini.

Pengalaman saya dalam dunia blogging memang terbilang cukup lama. Pada awalnya saya hanya mencoba fasilitas sosial media milik Google, yaitu Google+. Sangat senang sekali bisa menggunakan sosial media ini, karena dapat dikatakan bahwa Google+ memiliki desain yang sederhana nan mudah digunakan. Karena kemudahan yang dibesut oleh Google+ ini, maka banyak sekali fitur-fitur yang teramat asing bagi para sosialista Indonesia.

Berbeda dengan Facebook Group, Google punya hal serupa dengan nama Komunitas. Jadi kalian bisa bergabung dengan beberapa komunitas yang kalian sukai (seperti komunitas Landscape Photography, Youtube Creator, dan lain-lain). 

Selain itu juga sosial media ini memberikan keleluasaan bagi para penggunanya dalam menambahkan teman. Jika di Facebook (semua orang dalam daftar list) bisa menambahkan teman, lain kali ini tidak. Fitur ini disebut Circle atau Lingkaran. Jadi kalian bisa menambahkan beberapa orang sekaligus dalam lingkarannya masing-masing (contoh kalian menambahkan kontak Ibu dalam lingkaran keluarga, menambahkan PewDiePie sebagai Interest Peoples, menambahkan Mark Wiens dalam lingkaran Travel Blogger dan sebagainya).

Ada juga fitur Hangout layaknya chattingan Messenger pada Facebook. Bedanya Hangout mengusung tema berwarna hijau tua cerah dan tampilan yang menawan. Kalian juga bisa menambahkan teman dalam satu grup chat, memanggil telepon, serta melakukan video call.

-----------------------------------------------------------------------------

Dari cerita saya di atas, bisa dikatakan bahwa faktor yang mendorong saya untuk terjun membuat konten artikel adalah Google+. Dan pertama kali saya membuat akun Google itu sekitar tahun 2014, dan bahkan saya baru tahu (pada tahun 2014 tersebut) bahwa Youtube & Blogger juga bagian dari perusahaan Google.

Saya mencoba banyak sekali produk perusahaan Google, seperti Gmail, Google Map, Google Calendar, Google Drive, Google Photos, dan masih banyak lagi.

Dan terakhir adalah saya nakal untuk mencoba Blogger (yang notabene saya gak tahu cara memakainya). Sehingga terlahirlah blog ini dengan nama Write Art880 pada tanggal 1 Desember 2014. Saya tidak tahu mengapa memilih nama ini. Namun saya (berpikir jernih) bahwa setiap blog/website harus memiliki nama ciri khas agar menarik para pengunjung (kaya di Google Search gitu lho, kan banyak website yang namanya bagus-bagus).

-------------------------------------------------------------------------

Saya ingat sekali kala itu postingan artikel pertama yang saya buat adalah mengenai tutorial. Judul postingan pertama tersebut adalah Cara Membuat Rage Comic. Kebetulan pada saat itu saya adalah administrator dari sebuah fanpage meme comic bernama Meme Comic Kebersamaan (MCK). Lalu saya merembet lagi ke 3 fanpage meme yang lain (saya lupa namanya). Yap, memang, Meme Comic Indonesia adalah sebuah sarana hebat bagi saya dan netizen lain. Sangat legendaris.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Karir saya dalam dunia blogging terus merambat pesat, bahkan sangat pesat sekali. Yang dimaksud dengan merambat pesat disini adalah semangat dan kemauan saya. Jadi saya sering sekali membuat postingan artikel pada tahun pertama memulai sebuah blog, walaupun niche blog saya pada saat itu masih acak-acakan dan tidak teratur. Bahkan, template yang digunakan pun masih asli dari Blogger.

Kembali lagi, saya terus belajar hal-hal tentang blogging dari akar-akarnya. Saya biasa mencari tips blogger pemula pada pencarian Google. Lalu pada akhirnya saya merasa blogging itu adalah aktifitas yang menyenangkan (karena dengan tujuan berbagi ilmu kepada pengguna internet).

Saya belajar tentang pentingnya SEO, saya juga belajar tentang konten panjang (long-form content)sosial media marketing, dan banyak hal lainnya. Dunia blogging terus berkembang di Indonesia. Ini dikarenakan faktor Google AdSense dan beberapa pihak yang memberikan tutorial untuk mendapatkan uang melalui aktifitas ini. Sangat disayangkan sekali bagi mereka yang membuat blog hanya untuk mendapatkan uang (bukan untuk menghibur netizen), padahal banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dalam jika serius ngeblog.

Saya sendiri merasakan manfaat tersebut, karena ada sedikit peningkatan dalam diri saya di bidang menulis dan membuat artikel. 

--------------------------------------------------------------------------

Pelajaran Bahasa Indonesia bukanlah masalah lagi bagi saya. Seketika pengalaman saya dalam membuat konten artikel bisa menambah wawasan dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 (padahal saya memulai karir blogging ketika kelas 7 SMP). Beberapa materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 seperti pemilihan diksi, mendengarkan berita, menulis berita dan puisi, bahkan sampai meringkas suatu konteks pun sudah saya kuasai (karena didukung juga oleh pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7).

--------------------------------------------------------------------------------------

Gak cuma Bahasa Indonesia saja yang meningkat, namun juga Bahasa Inggris. Merasa tidak puas dengan semua hasil pencarian Google Indonesia yang itu-itu aja, saya memilih untuk mencari artikel Bahasa Inggris untuk menekuni bidang promosi/marketing, sosial media, optimasi SEO, dan konten kualitas. Kemampuan speaking saya dalam Bahasa Inggris juga bertambah bagus, karena saya menemukan banyak sekali kata-kata baru seketika membaca artikel Bahasa Inggris.

Website-website yang memiliki nilai tinggi di Amerika Serikat seperti MozEntrepreneurHubspot, serta Forbes Entrepreneurs pun pernah saya baca. Mereka bisa meraup keuntungan ratusan juta rupiah dari pelanggan bulanan. Tidak hanya kemampuan menulis, mereka juga jago dalam hal programming dan desain website agar lebih responsif. Saya suka membaca website-website tersebut. Gaya bahasa pengarang dalam menyampaikan penjelasan sangat mudah dimengerti.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Lalu pada akhirnya saya menyukai template hitam-putih. Saya pun belajar lagi untuk mendesain blog agar lebih nyaman dilihat. Perlu kalian ketahui, dalam menentukan font style, warna font, serta warna latar dalam mendesain (apalagi desain grafis) itu sangat sulit sekali. Butuh kurang lebih 2 jam bagi saya untuk membuat template. Terlebih lagi ketika saya mengalami kebingungan dalam menghadapi eror (blog ini juga pernah eror lho). Saya menceritakan tentang erornya blog ini pada artikel [Daily Blog] Badminton, Pegel Linu, dan Konsep Hitam Putih. Kala itu blog ini tidak bisa diakses karena saya salah menempatkan kode iklan berbasis HTML.

Ya kira-kira seperti itulah pengalaman saya selama ngeblog, ada jatuh dan bangunnya juga. Dan selama 2 tahun saya ngeblog, belum sama sekali penghasilan yang saya dapat. Bahkan yang lebih mengecewakan lagi adalah blog ini memiliki traffic yang rendah, sekitar 40an orang yang datang setiap hari. Padahal saya sudah berusaha sekeras mungkin untuk membuat konten artikel, namun pejwan pun belum pernah. 

Terimakasih, semoga bisa menjadi pelajaran bagi kalian.

Komentar