Keragaman Biota Perairan Indonesia

Sekedar Berbagi Pengalaman & Informasi Untuk Kalian Yang Membutuhkannya.

Apakah kalian tahu? Indonesia memiliki banyak sekali keaneka-ragaman biota laut. Biota laut itu sendiri termasuk dari ikan, terumbu karang, tanaman laut, dan lain sebagainya. Biota laut adalah sebuah ekosistem yang mencakup seluruh makhluk hidup didasar laut dan permukaan laut. Kita seharusnya patut bersyukur kepada Tuhan karena kita telah diberikan kekayaan laut yang begitu berlimpah. Dunia sangat memuji kekayaan laut kita & kita harus bangga oleh itu. Dan juga negeri kita pernah dijajah kurang lebih 350 tahun oleh penjajah Belanda. Apa kalian tahu yang mereka mau? Yang mereka mau adalah kekayaan kita, sumber daya alam kita, dan juga sumber daya manusia kita yang berkualitas.

 
Gambar Laut Raja Ampat, Papua.

Kita memiliki kekayaan laut yang banyak dan melimpah serta berkualitas, tetapi banyak diantara mereka (orang asing) yang melampaui batas negara untuk mengambil kekayaan laut kita, terutama nelayan kecil di luar negeri. Apakah kalian tahu? Lebih dari 9000 jenis ikan didunia, 4000nya ada di Indonesia. Indonesia mempunyai banyak ikan hias air tawar dan air laut. Wilayah kita juga ada yang termasuk bagian dari segitiga koral dunia yang dilindungi oleh Alam Dunia. Ratusan bahkan ratusan spesies terumbu karang ada di segitiga koral Indonesia, 75% nya ada diwilayah Raja Ampat, Papua. 
Kita juga memiliki kurang lebih 475 spesies ikan hiu dari ribuan spesies ikan hiu yang ada didunia. Tetapi ada beberapa dari ratusan spesies ikan hiu itu (yang ada di Indonesia) hampir punah karena ditangkap secara sembarang, mulai dari memakai Pukat Harimau, Bom/Dinamit, maupun dengan memakai racun yang membuat hiu itu menjadi mati. Tahukah kamu mengapa penangkapan ikan ilegal sering terjadi? Karena kurangnya pengawasan laut di Indonesia, ditambah juga dengan ketidak-bisaan masyarakat untuk mengolah dan menggunakan teknologi dengan baik dan benar. Seharusnya masyarakat Indonesia sudah bisa untuk mengolah potensi Sumber Daya Alamnya terutama Sumber Daya Laut. Kita memiliki banyak spesies ikan, terumbu karang, cumi-cumi, ikan pari, ikan hias, tanaman laut, dan lain sebagainya. Kita harus beralih dari penangkapan menjadi pembudidayaan makhluk laut. Kita harus beralih dari koleksi menjadi penangkaran.
Gambar kawanan Ikan Hiu di Indonesia.

Terumbu karang juga tak mau ketinggalan. Kita mempunyai ratusan jenis (kurang lebih 900) terumbu karang di Indonesia. Beberapa diantaranya ada didaerah utara Sulawesi, Laut Maluku, Raja Ampat, dan di gugusan pulau Nusa Tenggara.
Gambar Terumbu Karang di laut Indonesia.

Kita juga memiliki beberapa jenis ikan air tawar yang digemari dan dicari oleh dunia. Bahkan banyak diantaranya yang berharga jutaan sampai ratusan juta rupiah per ekor. Diantaranya adalah ikan Botia, ikan Cupang, dan ikan Arwana. Ikan Arwana ada yang berasal dari Kalimantan dan juga Papua. Diantara ketiga ikan tersebut, ikan Arwana lah yang paling digemari dan paling mahal jika dijual di pasaran Internasional.
Gambar Ikan Botia.

Gambar Ikan Arwana Super Red

Gambar Ikan Cupang Merah.

Diantara ikan hias air tawar di Indonesia, ikan hias Cupang adalah kesukaan masyarakat Indonesia. Karena selain harganya terjangkau, cara merawatnya pun sangatlah mudah. Ikan Cupang paling sering dibeli oleh kalangan anak sekolah di Indonesia baik sekedar hobi maupun kesenangan belaka. Kita seharusnya patut bersyukur karena telah diberikan kergaman Biota Perairan di Indonesia. Oh iya, Biota Air Tawar adalah segala makhluk hidup yang berada di perairan Tawar di Indonesia. Banyak sekali jenis-jenis ikan hias dan ikan predator di Indonesia yang menjadi favorit di luar negeri. Kita sebagai penduduk asli sudah seharusnya menanamkan rasa peduli terhadap kekayaan perairan di Indonesia. Kita juga boleh mempelihara beberapa dari mereka sehingga berkembang biak menjadi banyak. Tak hanya itu, kita juga harus melakukan pemberhentian terhadap penangkapan ikan secara ilegal, baik dilakukan oleh masyarakat Indonesia, maupun masyarakat asing yang melampaui batas wilayah negara. Mereka sama sekali tidak menyadari bahwa beberapa ikan yang mereka tangkap, terdapat ikan yang dapat dijual mahal ratusan juta per ekornya. Hal itu bisa membuat mereka menjadi senang. Kita juga harus memajukan produksi & potensi ikan di Pasar Internasional. Boleh saja kita menangkap dan menjual ikan, tetapi kita juga harus memperkirakan penangkapan ikan tersebut, agar ikan tersebut tidak cepat punah. Jangan lupa untuk berusaha memajukan teknologi agar pembudidayaan biota perairan di Indonesia menjadi lebih berkembang maju serta menghasilkan keuntungan yang besar.
Gambar Muara

Terimakasih anda telah membaca artikel ini, semoga dapat dipelajari dengan baik oleh kalian yang membutuhkannya. 



Komentar