Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Hasil gambar untuk Pancasila

Pancasila sebagai Ideologi Negara

Kalian semua tahu apa itu Pancasila, bukan? Suatu lambang negara bangsa Indonesia yang terdiri atas gambar burung Garuda beserta dengan perisai yang berisika 5 asas. Tetapi Pancasila lebih bermakna daripada hal itu. Sebagai ideologi negara, Pancasila berfungsi untuk memberikan pedoman dan arah bagi perjuangan bangsa Indonesia kedepannya, terutama dalam mempertahankan kemerdekaan. 



Orang yang pertama kali mengemukakan ide Pancasila sebagai ideologi terbuka secara formal adalah Ir. Soeharto sekitar pada tahun 1985. Meskipun dinyatakan pada tahun 1985, tetapi semangatnya sendiri sudah ada sejak tahun 1945 seperti yang tertulis dalam penjelasan UUD 1945.

Ada dua hal yang diperhatikan oleh pendiri negara kita, yaitu sebagai berikut :

1. Membedakan antara hukum dasar tertulis yang memuat aturan-aturan pokok tentang UU yang memuat aturan penyelenggaraan.

2.  Menekankan pentingnya etika politik, moral personal dan pemerintahan sebagai unsur dinamis yang bergandengan dengan hukum dasar tertulis itu sendiri.

Meskipun terdapat perubahan pada UUD 1945, namun tetap terdapat nilai-nilai dasar bangsa dan tertanam dalam jiwa penyelenggara negara, yaitu semangat kekeluargaan. Kekeluargaan adalah nilai dasar, dengan nilai dasar itulah dikembangkan nilai-nilai instrumental.

  1. Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara
Adalah memberikan pedoman dan arah perjuangan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan pembangunan dan memberikan gambaran kehidupan yang ideal (yang dicita-citakan) serta cara mencapainya.

2.                                                       Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Artinya nilai-nilai yang sifatnya tetap namun penjabarannya secara dinamis dan kreatif sesuai dengan kebutuhan perkembangan masyarakat Indonesia. Nilai-nilai yang berubah dan berkembang adalah nilai-nilai instrumental.

Komentar