Pengertian & Penyebab Global Warming

Penyebab & Dampak Global Warming
          
Hasil gambar untuk global warming
(Source : www.iop.org)

     Selamat datang dalam artikel ini. Saya akan menjelaskan beberapa hal dalam artikel yang saya sajikan pagi hari ini, antara lain pengertian global warming, penyebab global warming, serta dampak global warming itu sendiri terhadap lingkungan hidup manusia.
           


Global warming? Apakah itu? Apakah global warming sangat bermanfaat bagi manusia? Global warming jika ditranslate ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah pemanasan global. Seperti artinya, kalian dapat mengetahui sendiri apa itu global warming. Jadi, global warming itu sendiri mengakibatkan bumi ini memanas, bahkan lebih dari 50° celcius di Amerika Serikat. Itu terjadi kurang lebih pada tahun 2012 lalu yang dimana musim panas tidak seperti biasanya.
          
Jadi global warming itu memiliki efek yang luar biasa terhadap manusia jaman sekarang. Maksudnya adalah efek negatif yang membuat manusia sengsara. Global warming ini sangat memengaruhi manusia serta lingkungan hidupnya. Dengan adanya global warming, suhu serta iklim di beberapa tempat sangat tidak teratur. Contoh saja di Saudi Arabia sana pernah terjadi badai salju & es. Angin dingin berasal dari Eropa serta dicampur dengan oksigen di langit Saudi adalah penyebabnya.
        
Hasil gambar untuk pembakaran hutan
(Source : www.kompasiana.com)

Hal ini membuktikan sekali lagi bahwa global warming sangat merugikan manusia yang tidak bersalah. Angin tidak lagi berhembus pada jalurnya masing-masing. Yang seharusnya di bulan Mei musim kemarau, malah masih terjadi musim penghujan di Indonesia. Yang paling signifikan dari efek global warming di seluruh dunia adalah iklim. Mengapa saya menyebut iklim sebagai efek yang paling signifikan dalam global warming ini? Ya karena global warming ini menyebabkan banyaknya polusi, mulai dari polusi udara, polusi air, polusi tanah, bahkan polusi sinar pemancar gelombang radio, dan lain sebagainya. Tetapi yang lebih utama adalah polusi udara karena sedang marak terjadi di Indonesia.
          

Lalu apa yang menjadi penyebab pemanasan global ini? Banyak sekali hal-hal yang harus disalahkan dan dipertanggung jawabkan atas fenomena alam ini. Alam seharusnya dilestarikan, bukan dirusak untuk kepentingan komersil. Berikut adalah penyebab global warming :

1.    Penebangan hutan secara liar.
2.    Pembakaran hutan dengan berlebihan.
3.    Polusi udara pabrik tidak disaring terlebih dahulu.
4.    Pembuangan limbah industri serta sampah di sungai atau laut.
5.    Membuang sampah sembarangan juga membuat tanah menjadi tidak subur.
6.    Penimbunan sampah di tanah, dan masih banyak lagi.


Jika kalian telusuri lebih dalam lagi tempat terjadi penebangan hutan liar yang terjadi seperti di Kalimantan, Sumatera, dan lain sebagainya, maka kalian akan menemukan kondisi disana kalang kabut. Maksudnya adalah disana itu terlalu banyak sekali kabut sehingga membuat anak-anak terpaksa belajar di rumahnya sendiri bukan lagi disekolah. Disana banyak sekali hutan yang ditebang, selain ditebang juga banyak yang dibakar seperti di daerah Buntok sehingga meninggalkan asap dan juga batang pohon yang telah dirusak.


Hasil gambar untuk asap kalimantan
(Source : www.awanjakarta.com)

Beberapa teman saya di Buntok menyatakan bahwa disana kabutnya sangat tebal jika sudah terjadi puncaknya, yaitu pada musim kemarau. Api sangat sulit dipadamkan karena angin berkobar kencang dan suhu udara nya lebih panas dari biasanya. Sungguh miris Indonesia saat ini. Cara yang dilakukan para aktifis serta relawan adalah dengan membendung aliran sungai untuk memberikan dukungan tanah gambut sehingga tidak mengeluarkan karbon dioksida. Mereka adalah relawan dari Greenpeace Indonesia, dan juga beberapa teman mahasiswa yang belajar disana.

Komentar